Abstract:
Kafe merupakan salah satu tempat bisnis yang terus bertumbuh jumlahnya.
Salah satu jenis kafe yang menarik perhatian adalah boardgame café. Boardgame
café merupakan perpaduan antara boardgame library dengan café. Karena itu,
boardgame café memiliki spesifikasi konsumen yang unik. Seiring dengan
berkembangnya jumlah boardgame café, maka faktor utama yang menjadi penentu
persaingan tersebut adalah pelayanan. Sebuah boardgame café dapat meningkatkan
pelayanan mereka dengan meningkatkan kualitas. Kualitas yang meningkat akan
meningkatkan kepuasan konsumen. Dengan meningkatnya kepuasan konsumen,
maka konsumen akan merasa ada peningkatan dari pelayanan yang diberikan. Dalam
penelitian ini, Monomyth digunakan sebagai objek penelitian. Monomyth merupakan
sebuah boardgame café yang berdiri sejak Oktober 2017.
Cara yang dapat diterapkan sebuah boardgame café untuk meningkatkan
kualitas adalah dengan menggunakan Quality Function Deployment (QFD). Alat
bantu yang dapat digunakan dalam menjalankan QFD adalah House of Quality
(HoQ). HoQ dalam penelitian ini digunakan untuk mencari karakteristik pelayanan
yang dianggap penting dalam sebuah boardgame café. Selain itu, penelitian ini
bertujuan untuk pengetahui perbandingan kualitas pelayanan Monomyth
dibandingkan pesaing lainnya serta menentukan arah perbaikan Monomyth untuk
memperbaiki kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode applied
research untuk mencari solusi untuk permasalahan mengenai kualitas pelayanan.
Solusi tersebut didapat dengan membuat HoQ yang terdiri dari data-data. Teknik
pengumpulan data yang digunakan bermacam-macam seperti menggunakan
wawancara yang bertujuan untuk menentukan masalah yang ada pada boardgame
café serta menentukan karakteristik teknik, hubungannya, penilaiannya dan tingkat
kesulitannya. Observasi untuk menentukan karakteristik teknik yang penilaiannya.
Menyebarkan kuesioner berjumlah 41 buah kepada konsumen pada pertengahan
Maret 2019 yang terdiri dari kuesioner tingkat kepentingan dan kebutuhan konsumen
serta kuesioner kinerja Monomyth dan pesaing. Yang terakhir adalah focus group
discussion kepada delapan orang konsumen dan satu owner Monomyth. Focus group
discussion membahas hubungan antara karakteristik kebutuhan konsumen dan
karakteristik teknik Monomyth.
Berdasarkan hasil penelitian, dimensi Reliability merupakan dimensi yang paling
berpengaruh dengan nilai sebesar 54,8%. Sementara itu, karakteristik kebutuhan dan
keinginan konsumen yang paling berpengaruh adalah Boardgame café selalu
memberikan pelayanan yang tepat (34,3%). Karakteristik teknik yang paling
berpengaruh adalah Memperbaiki orientasi awal pada karyawan baru (45,036%)