Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui tingkat kepuasan konsumen atas
food quality dan physical evidence di Cafe Vitamin Sea, mengetahui niat beli ulang
konsumen Cafe Vitamin Sea, dan mengetahui pengaruh kepuasan konsumen atas food
quality dan physical evidence terhadap niat beli ulang di Cafe Vitamin Sea.
Menurut Knight dan Kotschevar (2000) kualitas makanan merupakan suatu
tingkatan dalam konsistensi kualitas menu yang dicapai dengan penetapan suatu standar
produk dan kemudian mengecek poin-poin yang harus dikontrol untuk melihat kualitas
yang ingin dicapai. Menurut Zeithaml, Bitner, dan Gremler (2013:26) Physical evidence
adalah lingkungan dimana pelayanan diakukan , dimana perusahaan dan konsumen
berinteraksi, dan semua komponen berwujud yang mempermudah kinerja atau komunikasi
jasa. Menurut Mowen dan Minor (2001:199) kepuasan konsumen adalah sikap keseluruhan
yang dimilki konsumen terhadap barang maupun jasa setelah mereka mendapatkan dan
menggunakannya. Kepuasan mampu mempengaruhi niat beli ulang.
Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori. Sampel penelitian ini adalah
konsumen yang sudah pernah mengunjungi Cafe Vitamin Sea. Teknik pengumpulan data
penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Ukuran
sampel 100 orang dan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik analisis
data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil pengolahan data, tingkat kepuasan konsumen atas food quality
dan physical evidence di Cafe Vitamin Sea biasa saja. Niat beli ulang konsumen Cafe
Vitamin Sea biasa saja.Kepuasan konsumen atas food quality berpengaruh signifikan
terhadap niat beli ulang sebesar 0,794, sedangkan physical evidence tidak memiliki
pengaruh signifikan terhadap niat beli ulang ke Cafe Vitamin Sea.