Abstract:
Teknologi semakin maju dan berkembang pesat, perusahaan tidak
lagi hanya mengandalkan transaksi jual beli secara offline namun juga secara online.
Berbelanja online sudah menjadi rutinitas kaum millenial. Perusahaan e-commerce
semakin berlomba-lomba untuk mengambil bagian di pasar online Indonesia yang
terus berkembang setiap tahunnya. Karena persaingan yang semakin sengit ini,
perusahaan e-commerce perlu mempelajari perilaku konsumen di Indonesia dalam
hal berbelanja online. Website murupakan media antarmuka antara perusahaan ecommerce
dan konsumen. Design web yang bagus dan mudah dimengerti menjadi
relevan bagi perusahaan untuk bertahan di pasar Indonesia yang kompetitif. Design
web menjadi salah satu daya tarik untuk menangkap perhatian konsumen, agar
konsumen ingin menelusuri website hingga dapat terbentuk loyalitas.
Ogahrugi.com merupakan perusahaan berbasis e-commerce yang
menyediakan voucher promo makanan, voucher promo kecantikan dan voucher
promo wisata melalui website. Dilihat melalui Google Trends yang merupakan
grafik statistik pencarian web yang menampilkan popularitas topik pencarian pada
kurun waktu 5 tahun terakhir di wilayah Indonesia, pencarian kata kunci ogahrugi
menurun setiap tahunnya.
Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan
analisis deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan
judgemental sampling dengan pertimbangan sampel adalah mahasiswa UNPAR
yang pernah mengunjungi dan bertransaksi di website ogahrugi.com.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah untuk variabel
appreance, navigation dan content tidak berpengaruh secara signifikan. Namun,
variabel shopping process berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas. Nilai R
square sebesar 0,365, yang berarti model ini menjelaskan 36,5% variabel loyalitas
sedangkan sisanya (100% - 36,5% = 63,5%) dijelaskan oleh sebab-sebab lain yang
tidak masuk kedalam model ini.