Abstract:
Manusia merupakan bagian dalam suatu perusahaan yang mampu menggerakkan
perusahaan dalam pencapaian tujuan. Perusahaan dituntut untuk menjadi unggul da1am
persaingan yang kian meningkat, hal ini didukung dengan kinerja karyawan yang baik.
Salah satu hal yang dapat meningkatkan kinerja karyawan yaitu kepuasan kerja karyawan
itu sendiri di suatu perusahaan. Kepuasan kerja merupakan kumpulan perasaan dan
keyakinan yang dimiliki oleh karyawan saat ini.
Penelitian ini dilakukan di kafe The Soko Coffee Tea Chocolate, populasi
di kafe ini 10 karyawan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan
menggunakan jenis data primer dan wawancara. Dalam penelitian ini kepuasan kerja
karyawan dianalisis menggunakan alat ukur Job Descriptive Index (JDI) dikembangkan
oleh Smith, Kendall, dan Hulin yang berbentuk kuesioner berisikan indikator-indikator
yang mewajibkan responden memberikan jawaban "ya", "tidak tahu", atau "tidak".
Selanjutnya data diolah menggunakan Microsoft Excel dan dianalisis dengan cara
pengkategorisasian dari basil jawaban tersebut untuk mengetahui kepuasan kerja
karyawan The Soko Coffee Tea Chocolate.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan karyawan The Soko
Coffee Tea Chocolate puas. Karyawan The Soko Coffee Tea Chocolate sudah
memandang positif :faktor-faktor kepuasan kerja secara mayoritas terhadap poin-poin
pernbahasan. Berdasarkan basil analisis, penulis memberikan saran kepada perusahaan
untuk melibatkan karyawan dalam kegiatan atau acara yang diadakan diluar kafe untuk
menambah makna dan nilai-nilai pekerjaan dalam diri karyawan.