Abstract:
Pendahuluan – Spotify merupakan salah satu pemain terbesar dalam industry
aplikasi streaming musik.Di pasar global Spotify mampu menjadi market leader dan
mengalahkan pesaing-pesaingnya. Indonesia yang pertumbuhan penetrasi internetnya
cukup pesat menjadi incaran target pasar yang menggiurkan bagi Spotify dan
pesaing-pesaingnya. Keberhasilan Spotify di Indonesa tidak semulus keberhasilannya
di pasar global. Di Indonesia, Spotify gagal menjadi market leader. Market leader
Indonesia untuk industri ini masih dipegang oleh JOOX. Berdasarkan keadaan
tersebut penulis melakukan preliminary reseach dan didapatkan gejala bahwa
sebagian besar konsumen menganggap bahwa ada kekurangan pada atribut produk
Spotify.
Tujuan – Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh dari atribut produk
terhadap niat menggunakan aplikasi mobile Spotify. Variabel dalam penelitian ini
yaitu, atribut produk (X) dan niat menggunakan (Y).
Metode Penelitian – Penelitian ini menggunakan metode survey dengan
membagikan kuisioner kepada 101 responden yang pernah memakai aplikasi mobile
Spotify atau setidaknya tahu tentang Spotify. Multiple Linear Regression digunakan
untuk mengetahui pengaruh variabel independen (Atribut Produk) terhadap variabel
dependen (Niat menggunakan).
Kesimpulan – Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 4 dimensi dari
variabel atribut produk (Usability, Efficiency, Portability, dan Application Design)
yang berpengaruh positif, dan 1 dimensi (Functionality) tidak berpengaruh positif
terhadap niat menggunakan aplikasi Spotify.