Abstract:
Industri kuliner saat ini sedang tinggi dan di minati oleh warga Bandung. Sehingga menciptakan banyak usaha kuliner yang awal nya kecil menjadi besar di karenakan permintaan yang cukup besar, seperti rumah makan sombar yang awal nya gerobak di depan kampus beberapa tahun kemudian, warung makan sombar melakukan ekspansi ke paskal 23, yang awal nya di area kampus ingin meluaskan bisnis nya menjadi kalangan warga bandung yang lebih luas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Data yang di dapat berasal dari wawancara , studi dokumentasi dan observasi. Data kemudian di analisis menggunakan SWOT dan evaluasi factor internal dan eksternal.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ekspansi yang dilakukan oleh Rumah Makan Sombar telah tepat sasaran. Hal ini dikarenakan adanya kesesuaian antara karakteristik konsumen yang ada di Mall Paskal 23, serta target pasar dari Rumah Makan Sombar ketika melakukan ekspansi. Meskipun sudah adanya kesesuaian antara karakteristik pasar serta target, diperlukan adanya strategi untuk kemudian ekspansi yang dilakukan oleh Rumah Makan Sombar dapat bertahan, dan bersaing dengan kompetitor yang ada di Mall Paskal 23 yang terlebih dahulu telah memilki nama.
Bedasarkan hasil analisis yang terjadi sehingga peneliti memberikan saran untuk Rumah Makan sombar. Saran tersebut berisi tentang untuk meningkatkan strategi promosi , melakukan inovasi terhadap produk yang ditawarkan, dan juga mengelola lingkungan internal dan eksternal berdasarkan analisis SWOT.