Abstract:
Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Omega Motor Bandung. Teknik apa yang dilakukan oleh Omega Motor Bandung dalam mencapainya dengan cara membandingkan teori yang ada dengan pelaksanaan yang dilakukan oleh Omega Motor Bandung
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian asosiatif dan analisis deskriptif, dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei dan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian diolah dengan teknik analis menggunakan statistik.
Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis, mendapat kesimpulan bahwa lima dimensi yang berada di dalam Kualitas Pelayanan yaitu Tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy yang digunakan dalam aktivitas pemasaran oleh Omega Motor Bandung sudah berjalan dengan baik dan telah disetujui oleh responden baik Keputusan Pembelian pada Omega Motor Bandung dalam keseluruhan pun sudah termasuk dalam kategori yang baik dan disetuji baik.
Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian ini juga telah dilakukan pengujian koefisien korelasi dari hasil olah data yang artinya dengan keualitas pelayanan dapat membuat konsumen melakukan keputusan pembelian. Hasil dari analisis koefisien determinasi adalah Kualitas Pelayanan memberikan pengaruh sebesar 55.7% terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan sebanyak 44.3% sisanya merupakan kontribusi pengaruh yang diberikan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian.
Keseluruhan penggunaan dimensi Kualitas Pelayanan pada Omega Motor Bandung telah berjalan secara baik dengan dimensi reliability memiliki rata – rata tertinggi diikuti oleh assurance, tangible, responsiveness, dan reliability yang membuat meningkatnya konsumen dan Keputusan Pembelian.