Abstract:
Kebutuhan manusia tidak terlepas dari kebutuhan akan hiburan. Semakin banyaknya aktivitas yang dilakukan manusia, maka timbul suatu kebutuhan akan hiburan yang dianggap bias menjadi alternatif untuk mengatasi kejenuhan dari rutinitas yang dilalui. Kebutuhan manusia akan hiburan ini menciptakan persaingan yang ketat di dalam industri bisnis tempat hiburan seperti restoran & lounge di Kota Bandung. VERDE Resto & Lounge adalah salah satu perusahaan yang berhasil bersaing dan diterima oleh konsumennya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lingkungan internal dan eksternal yang dimiliki perusahaan, serta mengetahui strategi apa yang sedang dilakukan perusahaan. Disisi lain, langkah apa saja yang harus dilakukan perusahaan untuk lebih unggul dari pesaingnya melihat dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki perusahaan juga perlu diperhatikan. Penelitian ini menganalisis data menggunakan Matriks SWOT, Matrik Evaluasi Faktor External (EFE), Matriks Evaluasi Faktor Internal (IFE), Matriks Internal-Eksternal (IE), dan Analisis Quantitive Strategic Planning Matrix (QSPM). Merujuk pada hasil penelitian ini, perusahaan disarankan untuk menggunakan strategi pengembangan produk sebagai strategi alternatifnya dan mengkobinasikannya dengan strategi SWOT. Perusahaan diharapkan dapat mempertimbangkan penerapan strategi alternatif ini, sehingga dapat memperkuat posisi perusahaan dalam persaingan bisnis.