Analisis Competence Based Human Resource Management (CBHRM) : studi kasus kompetensi manajerial pada level Top Manager di Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gunawan, Theresia
dc.contributor.author Waskita, Indrana Ratna
dc.date.accessioned 2019-08-22T06:20:06Z
dc.date.available 2019-08-22T06:20:06Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp37712
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8979
dc.description 8629 - FISIP en_US
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Competence Based Human Resource Management pada top manager di Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya. Fenomena yang terjadi pada organisasi selama ini adalah susahnya mencari orang kompeten untuk mengisi posisi-posisi inti pada organisasi dikarenakan rendahnya turnover perusahaan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menemukan strategi kompetensi manajerial yang sesuai dengan kebutuhan organisasi serta penulis dapat merekomendasikan eksekutif unggul yang dapat menggantikan posisi-posisi pada level top manager dan general manager. Jenis penelitian kualitatif dengan penulisan deskriptif analitis. Metode yang dipakai adalah metode survey melalui pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara dan studi dokumen. Penelitian ini melibatkan 6 orang top manager dan 2 orang general manager. Tahapan penelitian dimulai dari mereview organisasi kemudian membuat arsitektur kompetensi. Output dari penelitian ini merupakan kamus kompetensi dan peta kompetensi. Setelah itu dibuat form rancangan kerja dan form penilaian kinerja, untuk dapat menilai kesenjangan diantara standar perusahaan dan aktualisasi dalam organisasi. Dalam penelitian ini terdapat 5 kompetensi manajerial yaitu; a) Pengetahuan Spesifik Mengenai Pekerjaan; b) Keterampilan Kepemimpinan; c) Integritas Professional; d) Komunikasi Interpersonal dan e) Kreativitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa CBHRM pada level top manajerial RSJK sudah sesuai dengan standar perusahaan. Meskipun pada level general manager belum melampaui standar, dan untuk beberapa kompetensi masih harus ditingkatkan. Penulis menyarankan agar perusahaan melakukan tindak lanjut sesuai dengan kelompok karyawan yang terbagi atas; Superkeeper; Keeper; Solid Citizen; Misfits memberikan penghargaan atas prestasi kerja, menggelar dan mendukung lebih banyak training yang meningkatkan kompetensi karyawan pada level top manager. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Competency Based Human Resource Management (CBHRM) en_US
dc.subject Manajemen Talenta en_US
dc.subject Kompetensi en_US
dc.title Analisis Competence Based Human Resource Management (CBHRM) : studi kasus kompetensi manajerial pada level Top Manager di Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2011320145
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0410087801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account