Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Competence Based Human
Resource Management pada top manager di Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya.
Fenomena yang terjadi pada organisasi selama ini adalah susahnya mencari orang
kompeten untuk mengisi posisi-posisi inti pada organisasi dikarenakan rendahnya
turnover perusahaan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menemukan strategi
kompetensi manajerial yang sesuai dengan kebutuhan organisasi serta penulis dapat
merekomendasikan eksekutif unggul yang dapat menggantikan posisi-posisi pada
level top manager dan general manager.
Jenis penelitian kualitatif dengan penulisan deskriptif analitis. Metode yang
dipakai adalah metode survey melalui pengumpulan data melalui kuesioner,
wawancara dan studi dokumen. Penelitian ini melibatkan 6 orang top manager dan 2
orang general manager. Tahapan penelitian dimulai dari mereview organisasi
kemudian membuat arsitektur kompetensi. Output dari penelitian ini merupakan
kamus kompetensi dan peta kompetensi. Setelah itu dibuat form rancangan kerja dan
form penilaian kinerja, untuk dapat menilai kesenjangan diantara standar perusahaan
dan aktualisasi dalam organisasi.
Dalam penelitian ini terdapat 5 kompetensi manajerial yaitu; a) Pengetahuan
Spesifik Mengenai Pekerjaan; b) Keterampilan Kepemimpinan; c) Integritas
Professional; d) Komunikasi Interpersonal dan e) Kreativitas. Hasil penelitian
menunjukan bahwa CBHRM pada level top manajerial RSJK sudah sesuai dengan
standar perusahaan. Meskipun pada level general manager belum melampaui standar,
dan untuk beberapa kompetensi masih harus ditingkatkan. Penulis menyarankan agar
perusahaan melakukan tindak lanjut sesuai dengan kelompok karyawan yang terbagi
atas; Superkeeper; Keeper; Solid Citizen; Misfits memberikan penghargaan atas
prestasi kerja, menggelar dan mendukung lebih banyak training yang meningkatkan
kompetensi karyawan pada level top manager.