Abstract:
Strategi sangat dibutuhk:an untuk sebuah bisnis karena strategi merupakan alat untuk mencapai
tujuan perusahaan. Strategijuga ditunjang untuk mendapatkan sebuah profit yang tinggi di masa
sekarang dan masa depan. Dalam merekomendasikan sebuah strategi harus menganalisis lingkungan
ekstemal dan internal perusahaan terlebih dahulu agar mampu bersaing di industri Digital Printing
ini. Selanjutnya merekomendasikan strategi yang masuk aka1 untuk dijalankan perusahaan dengan
kemampuan dan modal yang dimiliki perusahaan untuk melaksanakan startegi yang dibuat oleh penulis.
Banyak bisnis Digital Printing di Kota Bandung yang bermunculan dengan variasi harga yang berbeda
beda, maka Megapix Digital Printing harus mempertahankan kelebihan yang dimilikinya dan
meningkatkan lebih lagi dan memiliki strategi lain untuk bersaing dengan pesaing lainnya.
Penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dan
menggunakan metode kualitatif, teknik analisis data menggunakan perbandingan antara teori-teori
dengan informasi yang didapatkan peneliti dari lapangan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi langsung, wawancara, dan studi kepustakaan.
Secara keseluruhan, penelitian didasarkan menggunakan analisis Porter Five's Forces yang dipaparkan
mengenai keadaan eksternal perusahaan secara mikro dan didentifikasi menggunakan analisis SWOT
(Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) yang dimiliki perusahaan, menggunakan Matriks SWOT
untuk memberikan rekomendasi startegi yang efektif untuk digunakan perusahaan untuk sekarang dan
masa depan agar mendapatkan profit lebih tinggi dengan menganalisis lingkungan internal dan
ekstrenal perusahaan.