Analisis strategi pengembangan usaha Pemancingan Ikan Rezta di Jalan Sapan, Kabupaten Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hendrawan, Sanerya
dc.contributor.author Fauzia, Tiara Ayuni
dc.date.accessioned 2019-08-15T08:44:44Z
dc.date.available 2019-08-15T08:44:44Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp37705
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8810
dc.description 8622 - FISIP en_US
dc.description.abstract Kejenuhan tak jarang dihadapi oleh masyarakat perkotaan tak terkecuali di Kota Bandung karena aktivitas sehari-hari yang tidak hanya menguras tenaga namun juga pikiran. Hal-hal sederhana yang dilakukan untuk mengatasi kejenuhan adalah dengan berkumpul bersama teman atau keluarga. Kondisi seperti ini tentunya tidak disia-siakan oleh para pengusaha untuk menyediakan destinasi wisata yang menarik perhatian masyarakat. Hal ini terlihat dengan maraknya pilihan tempat wisata di Kota Bandung baik wisata alam, wisata belanja, wisata kuliner, hingga wisata minat khusus seperti yang dilakukan oleh usaha Pemancingan Ikan Rezta yang menyediakan pilihan hiburan bagi orang-orang yang memiliki hobi memancing. Dalam tulisan ini, penulis menganalisis strategi pengembangan usaha yang seusai untuk diaplikasikan oleh usaha Pemancingan Ikan Rezta agar mampu mengembangkan usahanya seiring perkembangan waktu. Dengan melakukan kegiatan wawancara, observasi, kuesioner, dan menganalisis tata kelola usaha, penilaian efektivitas kinerja menggunakan konsep Balanced Scorecard berbagai faktor internal terkait Manajemen, Pemasaran, Keuangan, Produksi dan Operasi, serta Penelitian dan Pengembangan juga Faktor eksternal dengan menggunakan analisis PESTLE dan Lima Kekuatan Porter, uraian analisis dilanjutkan penulis dengan menggunakan Matriks SWOT, Matriks Internal Eksternal, dan Matriks QSPM. Setiap analisis dilakukan disesuaikan dengan kondisi nyata usaha Pemancingan Ikan Rezta yang termasuk ke dalam usaha mikro dan kecil. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis dari Matrik SWOT dan Matriks Internal Eksternal, menunjukkan bahwa usaha Pemancingan Ikan Rezta berada di dalam kuadran V yang merupakan strategi menjaga dan mempertahankan yang terdiri dari Penetrasi Pasar dan Pengembangan Produk. Pada matriks QSPM (Perencanaan Strategi Kuantitatif), strategi yang sesuai untuk diaplikasikan usaha Pemancingan Ikan Rezta adalah Penetrasi Pasar – Social Media Promotion. Langkah ini merupakan usaha yang paling tepat untuk dilakukan usaha Pemancingan Rezta agar dapat bertahan dan mampu mengembangkan usahanya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Pengembangan Usaha en_US
dc.subject Tata Kelola UMKM en_US
dc.subject Balanced Scorecard UMKM en_US
dc.subject Usaha Pemancingan Ikan en_US
dc.subject SWOT en_US
dc.subject Matriks Internal-Eksternal en_US
dc.subject QSPM en_US
dc.title Analisis strategi pengembangan usaha Pemancingan Ikan Rezta di Jalan Sapan, Kabupaten Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015320177
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0420095901
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account