Abstract:
Mobil memiliki berbagai fungsi untuk membantu aktivitas manusia sehingga mobil menjadi salah satu kebutuhan manusia,
yang mengakibatkan penjualan mobil di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Berbagai merek mobil berlomba menjual
mobil sebagai aktivitas bisnisnya. Plaza Toyota Bandung merupakan salah satu dealer mobil yang menjual mobil
Toyota dengan menawarkan berbagai keunggulan dan penawaran yang menarik. Keunggulan dan penawaran tersebut
merupakan sub variabel Bauran Pemasaran Jasa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penawaran jasa yang dilakukan oleh Plaza Toyota Bandung,
mengetahui hubungan penawaran jasa dengan keputusan pembelian di Plaza Toyota Bandung, mengetahui pengaruh bauran
pemasaran jasa terhadap keputusan pembelian di Plaza Toyota Bandung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dari bauran
pemasaran jasa terhadap keputusan pembelian di Plaza Toyota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode survei terhadap data yang dikumpulkan melalui kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling
insidental dengan jumlah sampel 50 responden.
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, bauran pemasaran jasa di Plaza Toyota Bandung termasuk dalam kategori baik.
Berdasarkan tabel peringkat tanggapan responden, terdapat 3 pernyataan kuesioner dengan peringkat terendah.
Berdasarkan uji koefisien determinasi dan analisis korelasi, bauran pemasaran jasa berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian sebesar 39%, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,625 yang termasuk dalam kategori kuat.
Dengan adanya tiga pernyataan kuesioner dengan peringkat terendah, maka Plaza Toyota Bandung perlu memperhatikan
dan memperbaiki hal-hal terkait ketiga pernyataan tersebut agar Plaza Toyota Bandung dapat lebih maju dan terus
berkembang.