Abstract:
Pelanggan biasanya mempertimbangkan kualitas produk yang tahan lama, terutama untuk produk yang harganya
lebih tinggi dari produk sejenis lainnya. Salah satu cara untuk memastikan daya tahan adalah dengan menyediakan
layanan purna jual yang dapat dipercaya untuk perbaikan dan pemeliharaan. T.Kardin Pisau Indonesia,
didirikan pada tahun 1992, menghasilkan pisau berkualitas tinggi. Mereka tidak hanya kuat,
tetapi juga disertai dengan layanan perbaikan dan pemeliharaan. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba untuk
mempelajari lebih dalam tentang penilaian pelanggan terhadap layanan purna jual dan apakah itu mempengaruhi
loyalitas pelanggan.
Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 pelanggan yang telah menggunakan Layanan Purna Jual
yang disediakan oleh T.Kardin Pisau Indonesia. Layanan Purna Jual diukur menggunakan dimensi Garansi,
Perbaikan, dan Suku Cadang, sedangkan loyalitas pelanggan diukur oleh aspek Repeat Order, dan Word of Mouth,
data diolah menjadi beberapa tes kuanti-tatif untuk mengetahui apakah Purna Jual Layanan berdampak pada
Loyalitas Pelanggan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan Purna Jual berpengaruh sig-nifikan dan positif terhadap Loyalitas Pelanggan.
Selain itu, temuan menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan Garansi, dan Suku Cadang dalam meningkatkan
Loyalitas Pelanggan, sedangkan dimensi Perbaikan tidak mempengaruhi Loyalitas Pelanggan.
Mengacu pada temuan, disarankan bagi T.Kardin Pisau Indonesia untuk mengembangkan layanan garansi dengan
menyederhanakan dan mempercepat proses klaim garansi, dan juga Perusahaan T.Kardin Pisau Indonesia dapat
mem-permudah pelanggan untuk mendapatkan suku cadang untuk produk yang dijual tanpa mengurangi kualitas mereka,
dan meningkatkan promosi layanan garansi yang ditawarkan oleh perusahaan dan juga kualitas suku cadang sehingga
lebih banyak pelanggan dan calon pelanggan mengetahui layanan garansi yang baik yang ditawarkan oleh perusahaan,
serta suku cadang berkualitas untuk produk yang dijual.