Abstract:
Industri wisata kuliner di kota Bandung sangat digandrungi oleh para pecinta kuliner.
Masyarakat Bandung hingga pelancong dari luar kota bahkan luar negeri ingin ikut serta mencicipi berbagai
macam kuliner yang ada sehingga menciptakan persaingan antar pelaku bisnis di bidang kuliner.
Para pelaku bisnis di bidang kuliner melakukan berbagai macam cara untuk menonjolkan bisnisnya agar dapat
bersaing dengan para pelaku bisnis lainnya. Salah satu caranya yaitu dengan menciptakan pelayanan yang baik
secara profesional sesuai dengan standar perusahaan. Walaupun para pebisnis dibidang kuliner menjual produk
(makanan & minuman) bukan jasa, tetapi apabila tidak disandingkan dengan pelayanan yang baik maka para konsumen
dapat merasa tidak puas. Rasa puas tersebut yang dapat mengakibatkan para konsumen membeli ulang produk dari perusahaan.
Tizi Cake Shop & Restaurant merupakan salah satu restoran yang mengutamakan pelayanan agar para konsumen yang datang
diharapkan melakukan pembelian ulang nantinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
pada suatu restoran terhadap loyalitas pelanggan.
Metode dan jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode survey dan jenis penelitian asosiatif dengan
menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Data atas objek penelitian diteliti melalui penyebaran kuesioner terhadap
responden yang berkunjung ke Tizi lebih dari sama dengan tiga kali dalam dua tahun terakhir.
Data kemudian diolah menggunakan SPSS.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi antara Kualitas Pelayanan dengan
Loyalitas Pelanggan adalah sebesar r = 0,739. Nilai r tersebut menunjukan bahwa hubungan Kualitas Pelayanan dengan
Loyalitas Pelanggan adalah kuat. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,546. Kualitas Pelayanan memberikan pengaruh
sebesar 54,6% terhadap Loyalitas Pelanggan pada Tizi Cake Shop & Restaurant di Bandung. Penilaian 100 responden untuk
Kualitas Pelayanan pada Tizi Cake Shop & Restaurant di Bandung yang terdiri atas 5 dimensi dengan 18 pernyataan
diperoleh total skor sebesar 7440, termasuk dalam kategori baik. Penilaian 100 responden untuk Loyalitas Pelanggan pada
Tizi Cake Shop & Restaurant di Bandung yang terdiri atas 6 pernyataan diperoleh total skor sebesar 2484,
termasuk dalam kategori baik.