Abstract:
The Monchis Cake adalah sebuah UMKM yang bergerak di bidang industri roti yang memproduksi kue basah
dan telah berdiri selama satu tahun terakhir yang berlokasi di Kota Bandung. Saat ini The Monchis Cake ingin
meningkatkan penjualannya dengan menentukkan strategi yang tepat untuk diterapkan di perushaan.
Tetapi kondisi perusahaan saat ini masih memiliki banyak kelemahan seperti kurangnya pemasaran, teknologi, dan
tenaga kerja yang berkualitas.
Penelitian ini dilakukan di tempat produksi The Monchis Cake yang berlokasi di jalan Gegerkalong Hilir No. 181 Kota Bandung.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kondisi internal dan eksternal The Monchis Cake untuk dapat mengetahui
kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan saat ini. Lalu informasi tersebut akan dianalisis untuk menentukan
langkah strategis yang cocok untuk The Monchis Cake dalam mengembangkan bisnisnya.
Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif analitis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif.
Setelah data terkumpul, penulis melakukan analisis data dengan menggunakan analisis EFAS dan IFAS, serta analisis SWOT.
Hasil dari penelitian ini adalah nilai akhir matrik EFAS dan IFAS dengan nilai sebesar 2.35 dan 1.625.
Hasil analisis GE Matrik menunjukkan kondisi perusahaan berada pada kuadran “Divestasi/Panen” atau perluasan pasar
terbatas dan panen dimana posisi ini menunjukkan bahwa The Monchis Cake memiliki unit bisnis yang beroperasi pada
industri yang tidak menarik dan tidak memiliki keunggulan kompetitif untuk jangka waktu yang panjang, serta sedkit
pangsa pasar. Berdasarkan strategi-strategi yang ada, strategi yang cocok dilakukan oleh perusahaan The Monchis Cake
menggunakan sweet spot strategy dimana perusahaan harus memiliki sesuatu yang diberikan kepada konsumen yang tidak
dapat diberikan oleh pesaing lainnya.