Abstract:
Kualitas pelayanan Restoran Saung Bale tidak berbeda jauh dengan restoran sunda lainnya.
Alasan utama orang-orang ingin makan di Restoran Saung Bale karena sudah terkenal restoran ini
memiliki cita rasa Sunda yang sangat enak sehingga tak jarang para konsumen akan datang kembali ke restoran sunda ini,
pelayanan yang ramah, kebersihan tempat dan alat makan , suasana nyaman dipilih oleh hanya 7 orang.
Hal ini dapat dijadikan acuan manajemen untuk meningkatkan tingkat kenyamanan di Restoran Saung Bale dan dekorasi
yang bagus. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas layanan
Restoran Saung Bale.
Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif adalah suatu metode penelitian
untuk memperoleh gambaran mengenai situasi dan keadaan dengan cara pemaparan data yang diperoleh sebagaimana adanya
yang kemudian melalui analisis dibuat beberapa kesimpulannya. Kuesioner dibagikan kepada sampel penelitian
yaitu 100 orang pengunjung Restoran Saung Bale. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan analisis deksriptif statistik.
Hasil penelitian tentang kepuasan konsumen terhadap kualitas layanan Restoran Saung Bale disimpulkan bahwa untuk
tingkat harapan diperoleh tiga urutan tertinggi, antara lain: Pegawai Restoran saung bale tanggapan keluhan,
Restoran Saung Bale memiliki peralatan yang bersih dan Jam buka Restoran Saung Bale tepat waktu.
Untuk tingkat kinerja diperoleh tiga urutan tertinggi, antara lain: Pegawai Restoran Saung Bale berpakaian bersih,
Restoran saung bale memiliki design exterior restoran yang unik dan Jaminan pembayaran yang cepat di Restoran Saung Bale.
Untuk tingkat kepuasan konsumen tiga urutan tertinggi, antara lain: Pegawai Restoran Saung Bale memiliki sopan santun,
Jaminan pembayaran yang cepat di Restoran Saung Bale dan Pegawai Restoran Saung Bale berpakaian bersih.
Ini artinya ketiga urutan tersebut memili gap terendah dibandingkan dengan pernyataan lainnya.