Abstract:
Jumlah restoran BBQ Korea telah meningkat selama 4 tahun terakhir.
Terletak di Paskal Hypersquare Bandung yang populer dengan mal dan pasar makanannya;
Gogijib, adalah sebuah restoran BBQ Korea yang harus bersaing tidak hanya dengan restoran serupa,
tetapi juga dengan berbagai pilihan kuliner. Menjadi di antara persaingan yang ketat, mengelola promosi
dengan hati-hati sangatlah penting untuk membuat restoran tetap terlihat oleh konsumen di pasar.
Ilustrasi tersebut telah menarik ide bagi peneliti untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah
Bauran Promosi mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Korean BBQ Gogijib.
Penelitian ini menggunakan metode eksplanatori yaitu metode survei dan kuesioner,
lalu kuisioner dibagikan kepada 100 responden dengan menggunakan metode convenience sampling.
Data kemudian diproses untuk mengetahui sikap konsumen terhadap bauran promosi serta keputusan pembelian,
selanjutnya untuk menjelaskan korelasi antara kedua variabel. Bauran promosi diukur dari Promosi Penjualan,
Periklanan, Penjualan Pribadi, dan Pemasaran Media Online dan Sosial dan Keputusan Pembelian yang diukur dalam
Masalah / Pengakuan Kebutuhan, Pencarian Informasi, Evaluasi Alternatif, Keputusan Pembelian, dan dimensi
Perilaku Pasca Pembelian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah
non-probability sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 63,6%.
Arah positif uji korelasi dan regresi linier menunjukkan bahwa peningkatan bauran promosi akan menyebabkan
keputusan pembelian yang lebih tinggi. Selanjutnya, uji korelasi parsial menunjukkan bahwa semua jenis bauran
pemasaran memiliki korelasi yang signifikan dengan keputusan pembelian.
Merunjuk pada penelitian tersebut, maka Gogijib disarankan agar aktif terlibat dalam Promosi Penjualan,
Periklanan, Penjualan Pribadi, dan aktivitas Pemasaran Media Online dan Sosial untuk meningkatkan "keputusan pembelian"
pada BBQ Korea Gogijib.