Abstract:
Seiring dengan berkembangnya zaman, produk alas kaki telah mengalami
perkembangan, baik dari segi model maupun kenyamanan yang diberikan saat
memakai alas kaki tersebut. Dewasa ini, produk alas kaki tidak hanya merupakan
kebutuhan hidup, tetapi juga telah menjadi cerminan gaya hidup bagi setiap orang
yang memakainya. Kebutuhan tersebut mendorong tingkat permintaan yang akan
mendorong pelaku bisnis untuk memanfaatkan peluang. Peluang ini kemudian
mendorong banyaknya pelaku bisnis dan mengakibatkan persaingan yang ketat di
dalam industri alas kaki, sehingga perusahaan akan dituntut dalam melakukan dan
merencanakan strategi untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan posisi
perusahaannya dalam persaingan.
Dalam penelitian ini, peneliti berusaha untuk membahas mengenai strategi
bersaing Khakikakiku pada industri alas kaki. Peneliti berusaha untuk mencari tahu
mengenai strategi apa yang sudah diterapkan oleh perusahaan saat ini, faktor
ekternal dan internal apa saja yang mempengaruhi perusahaan, serta strategi apa
yang dapat direkomendasikan untuk dapat mempertahankan posisi bersaingnya.
Data kemudian dianalisis dengan menggunakan Matriks SWOT, Matriks Evaluasi
Faktor Eksternal (EFE), Matriks Evaluasi Faktor Internal (IFE), Matriks Internal-
Eksternal (IE), dan Analisis Quantitive Strategic Planning Matrix (QSPM).
Merujuk pada hasil penelitian ini, perusahaan diberikan saran untuk menggunakan
strategi penetrasi pasar sebagai rekomendasi strategi bagi perusahaan. Perusahaan
diharapkan dapat mempertimbangkan penerapan strategi alternatif sehingga dapat
memperkuat posisi perusahaan dalam persaingan di industri alas kaki.