Abstract:
Perkembangan industri otomotif atau kendaraan dalam negeri khususnya roda empat yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya selain itu pemintaan akan kebutuhan kendaraan bermotor pun semakin meningkat. Hal tersebut telah menimbulkan persaingan antar perusahaan atau produsen menjadi semakin ketat dan kompetitif dalam menciptakan produk yang modern serta inovatif. Maka perusahaan atau produsen perlu beradaptasi dengan kondisi lingkungan eksternal dan internal nya agar strategi yang telah diciptakan dapat diterapkan secara efektif dan efisien sehingga sesuai untuk mencapai tujuan utama perusahaan dan mempermudah untuk menghadapi persaingan di pasar.
Berdasarkan latar belakang diatas, penelititan ini memiliki tujuan untuk : (1) mengetahui kondisi eksternal dan internal pada Mitsubishi Motor Indonesia terhadap pasar LMPV, (2) mengetahui strategi inovasi produk Xpander yang dilakukan oleh Mitsubishi Motor Indonesia sehingga bisa mendapatkan respon yang positif di benak masyarakat Indonesia, (3) mengetahui kinerja strategi inovasi produk yang dilakukan oleh Mitsubishi Motor Indonesia dan prospeknya.
Peneliti menggunakan teknik Penelitian Deskriptif melalui pendekatan metode kualitatif pada pembahasan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara dan bantuan studi dokumentasi. Peneliti juga menggunakan teknik analisis interaktif & Matriks SWOT dalam melakukan teknik analisis data.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti memperoleh strategi inovasi yang digunakan oleh Mitsubishi Motors Indonesia khususnya terhadap Mitsubishi Xpander adalah strategi inovasi berbasis desain yang didukung oleh beberapa kekuatan nilai tambah yaitu fitur dan kenyaman yang lebih baik dibandingkan dengan kendaraan lain di kelasnya.