dc.description.abstract |
Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang digemari karena kebutuhan akan
makanan merupakan kebutuhan primer yang dibutuhkan umat manusia. Penelitian ini
ditujukan pada rumah makan Bakmie Karet. Rumah makan Bakmie Karet merupakan
rumah makan mie yang berada di Kota Bandung. Rumah makan Bakmie Karet sudah
berdiri sejak tahun 2010 silam yang beroperasi di Jalan cibadak No. 293A, Bandung.
Rumah makan Bakmie Karet menyediakan berbagai macam jenis mie khas chinesefood
dengan model yang simpel dan unik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh kualitas layanan
terhadap loyalitas pelanggan pada rumah makan Bakmie Karet. Di mana variable
independen yaitu Kualitas Pelayanan (X) dan variable dependen yaitu loyalitas
Pelanggan (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan analisis
kuantitatif, menggunakan metode survey dengan menyebarkan kuesioner kepada 100
responden yang merupakan pelanggan dari rumah makan Bakmie Karet, dan hasil
tersebut diolah sesuai teknik analisis data yang digunakan.
Berdasarkan analisis data statistic yang telah diolah menggunakan software SPSS 24.0
for windows, diperoleh bahwa indicator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan
kedua variable bersifat reliabel. Pada pengujian hipotesis diperoleh t hitung (15,402) > t
tabel (1,984), maka terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan
loyalitas pelanggan. Diperoleh nilai koefisien korelasi antara kualitas pelayanan
dengan loyalitas konsumen sebesar 0,841. Dan nilai 0,841 tersebut termasuk dalam
kategori hubungan yang “ sangat kuat” karena berada pada interval korelasi “0,80 –
1,000”. Lalu dari hasil korelasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan
positif yang sangat kuat antara kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen.
Diperoleh kesimpulan yang didapat dari tabel tanggapan responden bahwa kualitas
layanan di rumah makan Bakmie karet berdasarkan garis kontinum termasuk dalam
kategori baik, untuk loyalitas pelanggan di rumah makan Bakmie karet berdasarkan
garis kontinum termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan tabel peringkat dengan
pernyataan yang memiliki skor terendah, penulis menyarankan kepada rumah makan
Bakmie Karet supaya mengganti seragam pegawai yang lebih rapih yang digunakan
sampai sekarang.Saran penulis adalah seragam menggunakan pakaian berkerah supaya
lebih rapih dan menggunakan warna yang sesuai dengan identitas rumah makan
Bakmie Karet. |
en_US |