Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan yang menservise motor di Bengkel Yonk Jaya Motor Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Situmorang, James Rianto
dc.contributor.author Yanto, Arvines Hendra
dc.date.accessioned 2019-06-27T05:28:36Z
dc.date.available 2019-06-27T05:28:36Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36933
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8286
dc.description 8336 - FISIP en_US
dc.description.abstract Bisnis Bengkel merupakan salah satu bisnis yang digemari oleh pelaku bisnis di Kota Bandung.Permintaan kebutuhan servise motor semakin meningkat setiap tahunnya dikarenakan jumlah sepeda motor yang turut bertambah.Usaha yang dapat dilakukan pebisnis bengkel motor yakni memberikan kualitas pelayanan yang baik agar pelanggan merasa memuaskan dan memutuskan untuk datang kembali ke bengkel tersebut.Yonk Jaya Motor merupakan salah satu bengkel motor di Kota Bandung yang ingin meningkatkan kualitas pelayannnya sehingga meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada bengkel Yonk Jaya Motor Kota Bandung.Di mana variabel Independen yaitu Kualitas Pelayanan (X) dan variabel dependen yaitu Loyalitas Pelanggan (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan analisis kuantitatif,menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pelanggan bengkel Yonk Jaya Motor Kota Bandung,dan hasilnya akan diolah sesuai dengan teknik analisis data yang digunakan. Berdasarkan analisis data statistik yang telah ditelah diolah menggunakan Software SPSS 24.0 for Windows,diperoleh hasil bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan kedua reliabel. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung (7,456) > ttabel (1,985), maka terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Variabel kualitas pelayanan memberikan kontribusi pengaruh sebesar 36,2% terhadap variabel loyalitas pelanggan, sedangkan sebanyak 63,8% yang menjadi lebihnya merupakan besar konstribusi pengaruh yang diberikan oleh factor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Diperoleh kesimpulan berdasarkan tabel tanggapan responden bahwa kualitas pelayanan di bengkel Yonk Jaya Motor Kota Bandung berdasarkan garis kontinum termasuk kategori baik, untuk loyalitas pelanggan pada Yonk Jaya Motor Kota Bandung berdasarkan garis kontinum termasuk dalam kategori baik. Dari tabel peringkat dengan pernyataan yang memiliki skor paling rendah, penulis menyarankan kepada pihak bengkel Yonk Jaya Motor agar mewajibkan seluruh montir Bengkel Yonk Jaya Motor untuk selalu menyambut pelanggan yang datang dengan ucapan selamat datang dan lebih intensif dalam memperhatikan kebutuhan pelanggan yang lainnya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject kualitas pelayanan en_US
dc.subject loyalitas pelanggan en_US
dc.subject bengkel Yonk Jaya Motor en_US
dc.title Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan yang menservise motor di Bengkel Yonk Jaya Motor Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014320091
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0407026301
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account