dc.description.abstract |
Kehidupan kita sehari-hari tidak lepas dari kebutuhan sandang sebagai penunjang penampilan terutama sepatu. Hal ini mempengaruhi tingkat permintaan terhadap sepatu di Indonesia khususnya bagi kalangan muda terutama mahasiswa. Tetapi, apabila dilihat dari kesibukan para pemakai sepatu khususnya mahasiswa mengakibatkan mereka tidak bisa merawat sepatu yang mereka miliki khususnya dalam hal mencuci sepatu. Adanya kebutuhan akan mencuci sepatu bagi kalangan mahasiswa, tetapi minimnya waktu yang mereka miliki. Maka peneliti melihat adanya peluang bisnis. Melihat fenomena tersebut, peneliti membeli brand jasa pencucian sepatu dengan nama Xclean Lab and Care pada Januari 2018 dan menamainya dengan Xclean Lab and Care Ciumbuleuit.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang rencana bisnis jangka panjang Xclean Lab and Care Ciumbuleuit, meneliti lingkungan internal dan eksternal perusahaan, bauran pemasaran perusahaan dan SWOT dari perusahaan. Selain itu, penelitian bertujuan untuk menghitung BEP, Payback Period, IRR dan NVP perusahaan sehingga dapat dihasilkan kesimpulan seberapa layak perusahaan dijalankan.
Dari proses penelitian, perusahaan mendapatkan hasil berupa rencana jangka panjang yang ditulis dalam BMC, analisis internal dan eksternal perusahaan, analisis bauran pemasaran serta analisis perhitungan BEP perusahaan yang akan dicapai ketika penjualan perusahaan mencapai 155 produk atau Rp. 6.190.000, perhitungan Payback Period dengan masa pengembalian selama 5 bulan, IRR pada tingkat 206% dan NPV pada hasil Rp. 365.018.000 setelah 5 tahun.
Dari hasil penelitian, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa perusahaan Xclean Lab and Care Ciumbuleuit layak untuk dijalankan dan diteruskan dikarenakan berdasarkan hasil perhitungan dari BEP, Payback Period, IRR dan NPV menghasilkan angka yang baik dan dapat diambil kesimpulan bahwa adanya peluang yang besar didalam bisnis laundry sepatu ini. Tetapi kelayakan bisnis ini juga harus diiringi dengan perbaikan sehingga bisnis dapat lebih baik. Perbaikan yang harus dilakukan adalah memaksimalkan penggunaan media sosial untuk menjadi media pemasaran produk, melakukan promosi untuk membangun brand image perusahaan serta melakukan inovasi produk. |
en_US |