Abstract:
Budaya minum kopi saat ini merupakan suatu trend baru yang muncul di berbagai
kalangan masyarakat. Kenikmatannya saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup sekaligus
penghubung dalam berkomunikasi. Fenomena yang terjadi adalah banyaknya café di Kota
Bandung sehingga membuat bisnis ini pada tahap Red Ocean. Sehingga kegiatan segmentasi dan
targeting menjadi sangat penting untuk mengetahui profil konsumen yang mengunjungi café
tersebut. Oleh karena itu, peneliti akan mencari tahu bagaimana profil konsumen kopi di kawasan
Ciumbuleuit, Sukajadi, dan Setiabudi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah exploratory research dan berdasarkan tujuan
yang ingin dicapai penelitian ini bersifat applied research karena akan digunakan untuk
mengetahui profil sesungguhnya yang dimiliki oleh setiap kawasan yang dipilih sebagai objek
penelitian. Pengumpulan data akan dilakukan dengan 2 (dua) metode yaitu studi literatur dan
kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan penikmat kopi tidak hanya pria saja, di Ciumbuleuit
sendiri penikmat kopi kebanyakan wanita. Mayoritas penikmat kopi adalah usia 18 – 25 tahun
dan menyukai jenis penyajian kopi dengan cara ekstraksi (espresso). Kelas Sosial berdasarkan
tingkat pendapatan di kawasan Ciumbuleuit dan Sukajadi berada pada kelompok SES A dan
Setiabudi berada pada kelompok SES B. Hobi mayoritas dari profil konsumen kopi adalah
membaca dan menonton.