Abstract:
Pendahuluan - Zalora merupakan salah satu retail online fashion terbesar di Asia. Zalora menyediakan pilihan lebih dari 500
brand lokal dan internasional yang terdiri dari berbagai macam jenis menawarkan pakaian wanita, pakaian pria, sepatu, aksesoris,
perlengkapan olahraga, busana muslim. Hal inilah yang membuat Zalora menjadi salah satu tempat tujuan utama untuk berbelanja
fashion secara online di Indonesia. Saat ini di Indonesia terjadi pergeseran pola perilaku konsumen dalam berbelanja, mereka
mulai menggemari online shopping karena menurut pandangan konsumen, mereka akan mendapatkan penawaran harga yang lebih murah
dibandingkan di toko offline. Beberapa keunggulan dari Zalora antara lain adalah konsumen dapat menikmati kemudahan 30 hari
gratis pengembalian, pengiriman tercepat selama 1-3 hari kerja, dapat melakukan pembayaran dengan sistem COD (Cash On Delivery)
dan barang yang di jual di Zalora sama dengan yang ada di toko offline, akan tetapi kelebihan Zalora ini bisa menjadi kekurangan
\jika Zalora tidak mengadakan promosi, karena harga barang yang di jual di Zalora tidak berbeda dengan di toko offline.
Hal tersebut yang menyebabkan Zalora memiliki banyak calon konsumen, akan tetapi banyak dari calon konsumen tersebut yang tidak
memutuskan untuk melakukan pembelian di Zalora. Berdasarkan keadaan tersebut penulis melakukan preliminary reseach dan didapatkan
gejala bahwa sebagian besar konsumen menganggap harga yang di tetapkan Zalora terlalu mahal. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat
pengaruh dari e-retailing attributes terhadap niat beli untuk berbelanja produk fashion secara online di Zalora. Terdapat 2 variabel
dalam penelitian ini yaitu, e-retailing attributes (X) dan niat beli (Y). Metode Penelitian penelitian ini menggunakan metode survey
dengan membagikan kuisioner kepada 200 responden yang pernah berbelanja fashion atau yang pernah mengunjugi Zalora. Multiple Linear
Regression digunakan untuk mengetahui pengaruh independen (e-retailing attributes) terhadap variabel dependen (niat beli).
Kesimpulan Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 3 variabel (Informativeness, Price, Customization) yang berpengaruh positif,
dan 2 variabel (Shopping Convinience, Product Selection) tidak berpengaruh positif terhadap niat beli Zalora.