Abstract:
Restoran adalah suatu tempat yang menjual makanan, minuman serta pelayanan untuk mendatangkan keuntungan. Keuken van Elsje selaku salah satu restoran di kota Bandung mengalami masalah pada manajemen restoran yaitu masalah spoil barang, manipulasi harga dan tidak adanya follow-up pelanggan. Oleh karena itu, dibutuhkan rancangan sistem manajemen restoran untuk bisa menyelesaikan masalah yang menyebabkan kerugian.
Metode deskriptif analitis digunakan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena-fenomena yang ada. Teknik analisis yang digunakan adalah Business Challenge Bundle untuk menggambarkan fenomena yang ada; Analisis SWOT untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan; dan Business Process Modelling Notation, digunakan untuk menggambarkan rancangan sistem pendukung keputusan.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, Keuken van Elsje membutuhkan sistem yang mampu memberi informasi rata-rata pergerakan harga supplier, memberi informasi rata-rata kunjungan tamu, memberi keputusan early warning, memberi keputusan pengambilan barang, memberi keputusan reminder pelanggan.