Abstract:
Pendahuluan Di era yang semakin canggih ini, manusia semakin dipermudah
untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satunya dengan berbelanja
online.OLX merupakan baris iklan online yang muncul tahun 2005 setelah
Kaskus dan Bhinneka.com.
Seharusnya saat ini OLX bisa menjadi salah satu ecommerce
yang paling sering dikunjungi, namun sayangnya e-commerce lain
yang berdiri setelah OLX ada justru lebih maju dan berkembang dibanding OLX.
Bahkan saat ini pesaing-pesaing barupun terus muncul dan lebih mudah diingat.
Kemudian peneliti melakukan preliminary research ke beberapa responden yang
pernah berjualan atau berbelanja di OLX untuk mengetahui alasan responden
baik yang masih menggunakan maupun tidak. Ternyata, hal ini disebabkan oleh
kurangnya promosi yang dilakukan di OLX, rasa takut pengguna OLX terhadap
alat transaksi di OLX yang keamanannya kurang terjamin, serta produk yang
dijual adalah produk preloved dan kurang bervariatif. Sehingga niat jual dan niat
beli pada OLX pun rendah.
Tujuan Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi niat jual dan niat beli pengguna di OLX.
Metode Penelitian - Exploratory research merupakan metode yang digunakan
di dalam penelitian ini. Penelitian ini melakukan pengumpulan data dengan cara
melakukan studi literatur dan depth interview untuk mendukung penelitian ini.
Hasil Penelitian Hasil penelitian ini akan dijelaskan secara kualitatif dan dalam
bentuk tabel. Setiap golongan responden memiliki beberapa persamaan dan
perbedaan hasil. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa product, process,
promotion, dan brand trust OLX tidak baik sehingga niat berjualan dan niat beli di
OLX sangat rendah.