Abstract:
Objek yang diteliti adalah sepatu Crocs, yang dipasarkan sejak tahun 2002 dan terkenal di seluruh dunia. Namun kini di Bandung Crocs mengalami penurunan jumlah konsumen, terdapat indikasi pada atribut produk yang berpengaruh terhadap rendahnya niat beli ulang konsumen Crocs yang rendah.
Menurut Russ dan Kirkpatrick (1982), atribut produk terdiri atas dimensi disain, bahan baku, kualitas, keamanan, jaminan, keragaman, dan pelayanan. Berdasarkan teori tersebut, penelitian ini mencoba menganalisa dimensi atribut produk yang berpengaruh terhadap niat beli ulang konsumen.
Populasi yang diteliti adalah konsumen di Bandung yang pernah membeli produk Crocs. Sampel berjumlah 100 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deksriptif dan analisis regresi linier berganda.
Secara keseluruhan konsumen kurang puas atas atribut dari produk Crocs. Konsumen kurang puas atas disain, keragaman, dan pelayanan Crocs, namun konsumen puas atas bahan baku, kualitas, dan keamanannya. Niat beli ulang produk Crocs juga cukup rendah. Kepuasan atas atribut produk kualitas, keragaman, dan pelayanan secara bersama-sama memberi pengaruh sebesar 31,9% dan masing masing memberi pengaruh sebesar 0,105, 0,157, 0,943. terhadap niat beli ulang produk Crocs. Akan tetapi, atribut disain, bahan baku, dan keamanan tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap niat beli ulang.