Abstract:
Pertumbuhan dunia pers dewasa ini semakin meningkat seiring denganmeningkatnya kebutuhan informasi dalam masyarakat. Selain itu, perkembangan teknologi yang begitu meningkat juga memiliki pengaruh yang besar bagi industri pers, khususnya media cetak surat kabar. Tantangan utama pada industri media cetak surat kabar dari tahun ke tahun mencakup inovasi, upaya mengikuti perkembangan digital dan teknologi baru, ketidakstabilan pasar, serta merekrut dan mempertahankan SDM yang baik. Oleh karena itu, strategi inovasi yang tepat adalah salah satu kunci untuk dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat ini. Banyak perusahaan media cetak yang bangkrut, namun PT. Galamedia Bandung Perkasa masih bertahan. Salah satu cara bagaimana PT. Galamedia Bandung Perkasa dapat bertahan adalah melalui inovasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi inovasi apa yang telah dilakukan oleh PT. Galamedia Bandung Perkasa dan mengetahui value chain yang ada di dalamnya sehingga peneliti dapat merekomendasikan strategi inovasi yang selanjutnya perlu dilakukan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan serta studi lapangan, yang terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder untuk menunjang validitas dan reliabilitas sebuah penelitian.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa PT. Galamedia Bandung Perkasa memiliki strategi diferensiasi dan biaya rendah. Selain itu, perusahaan melakukan inovasi terbarunya yaitu membuat rubrik khusus yang menyasar komunitas tertentu. Berdasarkan hasil analisis Rantai Nilai menggunakan SWOT Matriks, alternatif strategi terbaik yang dapat diterapkan yaitu Strategi SO dan Strategi WO. Penelitian ini menggunakan Analisis PEST dan Model Lima Kekuatan Porter untuk analisis eksternal perusahaan, serta Analisis Rantai Nilai untuk analisis internal perusahaan. Selanjutnya, peneliti menggunakan Analisis SWOT Matriks untuk menggambarkan strategi bersaing yang tepat bagi perusahaan.