Abstract:
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan atas kinerja
marketing mix terhadap loyalitas pelanggan di perusahaan CV. AS Plastik.
Perusahaan perlu menjaga Marketing mix dengan baik. Marketing mix yang baik
dapat menimbulkan kepuasan pelanggan yang kemudian membuat pelanggan tetap
loyal kepada perusahaan.
Mengacu pada Kotler dan Armstrong (2018:74) yang disebut dengan 4P dalam
pemasaran, yaitu: produk (product), harga (price), tempat/ distribusi (place), dan
promosi (promotion). sedangkan dimensi variabel loyalitas pelanggan menurut
Griffin (2007:31) yaitu melakukan pembelian secara berkala, membeli diluar lini
barang atau jasa yang sudah ada , merekomendasikan barang atau jasa kepada orang
lain, toleransi terhadap tingkat harga yang tinggi, dan tidak melakukan pembelian
dari kompetitor sejenis.
Data untuk penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta kuesioner.
Sampel penelitian ini 100 pelanggan tetap CV. AS Plastik. Data yang terkumpul
kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier
berganda. Metode penelitian ini adalah deskriptif verifikatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para pelanggan merasa sangat puas akan
marketing mix dan dimensi-dimensinya yang dilakukan oleh CV. AS Plastik.
Pelanggan CV.AS Plastik loyal terhadap perusahaan. Berdasarkan hasil perhitungan
pun didapatkan bahwa kepuasan pelanggan atas kinerja marketing mix memberikan
pengaruh terhadap loyalitas pelanggan sebesar 19,8% sedangkan 80,2% lainnya
dijelaskan oleh fator-faktor yang tidak diamati dalam penelitian ini. Berdasarkan
pengujian secara parsial, hanya dimensi price yang berpengaruh signifikan sebesar
0,481, sedangkan product, place, promotion tidak berpengaruh secara signifikan
terhadap loyalitas pelanggan di CV. AS Plastik.