Abstract:
Digitalisasi telah berdampak pada berbagai industri, termasuk industri musik. Musik
yang sebelumnya banyak dinikmati dalam bentuk fisik, berpindah menjadi bentuk digital.
Musik dalam bentuk digital semakin populer digunakan dan sudah menjadi bagian yang tidak
terpisahkan dalam keseharian masyarakat modern. Kepopuleran musik digital mendorong
bermunculannya layanan streaming musik, contohnya Apple Music dan Spotify. Apple Music
merupakan layanan streaming musik dan video yang dikembangkan oleh perusahaan asal
Amerika, Apple Inc. Hingga saat ini, Apple Music telah tersedia di 100 negara. Spotify
merupakan layanan streaming musik yang disediakan oleh perusahaan Swedia yaitu Spotify
Technology yang berkantor pusat di Stockholm dan hingga saat ini sudah tersedia di 65
negara. Berdasarkan hasil preliminary research, 66 dari 79 orang lebih memilih menggunakan
Spotify dibandingkan Apple Music.
Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan persepsi pengguna tentang marketing
mix dan preferensi merek layanan streaming musik, ditinjau menurut persepsi para pengguna
Apple Music dan Spotify. Marketing mix yang diteliti meliputi product, price, place, dan
promotion. Preferensi merek yang diteliti mengacu pada Fongana (2009) dalam Halim,
Dharmayanti, & Brahmana (2014). Menurut Alreck & Settle (1999) marketing mix dapat
menjadi stimuli untuk membentuk preferensi konsumen.
Metode yang digunakan dalam peniltian ini adalah metode komparatif. Pengumpulan
data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan menyebarkan kuesioner kepada 104
responden dengan menggunakan metode convinience sampling. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu berupa analisis deskriptif dan uji independent sample t-test.
Berdasarkan hasil pengolahan data, secara keseluruhan persepsi pengguna Apple
Music terhadap marketing mix dari Apple Music berada pada kategori baik (3,57). Persepsi
pengguna Apple Music terhadap masing-masing dimensi marketing mix yaitu: dimensi product
berada pada kategori baik (3,63); dimensi price berada pada kategori baik (3,63); dimensi
place berada pada kategori baik (3,95); dan dimensi promotion berada pada kategori cukup
baik (3,07). Secara keseluruhan persepsi pengguna Spotify terhadap marketing mix dari
Spotify berada pada kategori baik (4,01). Persepsi pengguna Spotify terhadap masing-masing
dimensi marketing mix yaitu: dimensi product berada pada kategori baik (4,10); dimensi price
berada pada kategori baik (3,91); dimensi place berada pada kategori sangat baik (4,37); dan
dimensi promotion berada pada kategori baik (3,67).
Preferensi merek pengguna Spotify terhadap merek layanan streaming musik Spotify
berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata sebesar 3,97. Preferensi merek pengguna
Apple Music terhadap merek layanan streaming musik Apple Music berada pada kategori
rendah dengan skor rata-rata sebesar 2,55. Preferensi pengguna Spotify lebih tinggi
dibandingkan preferensi pengguna Apple Music terhadap masing-masing layanan.