Abstract:
Dalam membangun bisnis yang sukses, dibutuhkan ide bisnis yang kreatif dan perlu ditunjang dengan penerapan Business Plan yang matang. Business plan adalah dokumen yang dirancang untuk merencanakan jalannya perusahaan dalam periode tertentu. Penulis akan membahas sebuah rencana bisnis kuliner asli garut yakni Bakso Ikah Asgar. Lokasi penelitian dipilih di jl. Jendral Achmad Yani, dimana potensi pasar para karyawan yang besar dengan lokasi kantor yang tersebar di sekitar lokasi.
Untuk mengkaji penelitian, obyek studi ditelaah menggunakan analisis: factor eksternal dan internal, rancangan business model kanvas, SWOT (Strength, Weaknness, Opportunity, Threat), kelayakan usaha berdasarkan BEP (Break Evenn Point), Payback Period dan IRR (Internal Return of Rate). Metode penelitian yang digunakan, memakai metode deskriptif analisis. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Objek penelitian ini berupa rencana bisnis Bakso Ikah Asgar.
Dari analisis eksternal dan internal, diketahui factor-faktor yang perlu dilakukan untnuk mengembanngkan bakso Ikah Asgar, yakni pemahaman terkait peraturan, pemangku kepentingan yang terlibat, kegiatan pesaing utama dan penggunaan inovasi teknnologi. Analisis SWOT, PEST (Politik, Ekonomi, Sosial dan Teknonlogi), dan pemasaran memberikan masukan dalam mempersiapkan rencana bisnnis kuliner ini. Dalam menganalisis SDM, diperlukan perekrutan karyawan yang tepat dan berkompeten. Berdasarkan analisis BEP, diperlukan penjualan 28910 unit, payback 1 bulan, dan IRR lebih besar dari bunga bank yakni 334%.