Analisis SWOT pada Perusahaan YY

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.author Tanurahardja, Sally
dc.date.accessioned 2019-05-28T08:29:16Z
dc.date.available 2019-05-28T08:29:16Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp37351
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8102
dc.description 23387 - FE en_US
dc.description.abstract Pertumbuhan Perindustrian sepatu dan sandal di Negara Indonesia kian tahun semakin meningkat yang diperkirakan akan mengalami pertumbuhan sebesar 3.5% pada awal tahun 2018 ( industribisnis.com). Khususnya di Jawa Barat tepatnya di Kota Bandung yang terkenal dengan produksi sepatu sejak awal 1920 dan memiliki unit usaha produksi sepatu yang terus bertambah tiap tahunnya hingga pada tahun 1978 pemerintah bekerja sama dengan (LPPPS) dalam rangka mengembangkan sentra sepatu di cibaduyut, Bandung. Perusahaan YY merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi sepatu dan sandal untuk wanita sejak tahun 1997. Selama ini perusahaan YY bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar seperti perusahaan X dan W dengan memakloonkan sepatu dan sandal untuk kedua perusahaan tersebut. Selain memakloonkan, perusahaan YY juga menjual sepatu dan sandal dengan merek sendiri yaitu merek A, B, dan C. Selama ini perusahaan YY menjalankan bisnis hanya sesuai kebutuhan saja tanpa memikirkan perencanaan strategi pemasaran yang matang sehingga mengakibatkan penjualan merek sepatu buatan perusahaan YY selalu jauh dibawah perusahaan X dan W meskipun sepatu yang dijual oleh perusahaan X dan W adalah sepatu yang diproduksi oleh perusahaan YY. Kondisi lingkungan bisnis yang terus berubah serta persaingan yang semakin ketat menyebabkan pelaku usaha harus memiliki strategi bisnis yang tepat untuk mempertahankan eksistensinya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan alternatif strategi pemasaran pada perusahaan YY. Perumusan alternative strategi dilakukan dengan menganalisis SWOT, matriks IFE, matriks EFE, dan porter’s five forces. Pengumpulan data digunakan dengan cara observasi, studi literature, wawancara kepada 2 supplier besar dan 4 supplier kecil, dan membagikan kuesioner ke 110 wanita yang pernah menggunakan produk perusahaan YY. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk yang dibuat oleh perusahaan YY dapat bersaing dari segi kualitas dan harga namun peminat produk perusahaan YY masih sedikit yang dikarenakan perusahaan YY banyak memasarkan produknya secara B2B. Oleh karena itu perusahaan YY harus menggunakan strategi Turnaround Weakness Opportunities untuk memperbaiki sistem manajemen yang ada dan melakukan promosi yang tepat namun efektif untuk lebih menarik minat dari konsumen untuk produk perusahaan YY. Selain itu, perusahaan YY juga harus mencoba untuk mengubah pengelolaan perusahaan dari cara manajemen keluarga menjadi manajemen yang lebih professional dan terstruktur. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Strategi Pemasaran en_US
dc.subject Matrix SWOT en_US
dc.subject Porter’s Five Force en_US
dc.subject Matrix IFE en_US
dc.subject Matrix EFE en_US
dc.title Analisis SWOT pada Perusahaan YY en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014120002
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account