Analisis Cost Volume Profit sebagai alat perencanaan laba Apotek L di Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dewi, Vera Intanie
dc.contributor.author Virgilius
dc.date.accessioned 2019-05-28T01:49:30Z
dc.date.available 2019-05-28T01:49:30Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp37391
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8061
dc.description 23427 - FE en_US
dc.description.abstract Apotek L merupakan salah satu usaha di bidang industri farmasi dan produk obat kimia. Apotek L sudah berdiri cukup lama, sejak tahun 2000. Pertumbuhan produksi pada industri farmasi dan produk obat kimia ini terus meningkat dari tahun ke tahun yang menandakan adanya peningkatan permintaan pada industri farmasi dan produk obat kimia tetapi yang terjadi di lapangan adalah Apotek L mengalami penurunan persentase laba dari tahun ke tahun. Suatu apotek tidak dapat memproduksi barangnya sendiri sehingga harus memperoleh barangnya dari supplier, tetapi dari tahun ke tahun perubahan harga perolehan perlahan-lahan menggerus persentase laba dari apotek. Selain adanya perubahan tersebut tumbuhnya persaingan karena peluang industri farmasi dan produk obat kimia yang tinggi. Analisis cost-volume-proft menjadi salah satu alat yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh Apotek L untuk menentukan tingkat penjualan yang harus dicapai oleh Apotek L untuk mencapai target profit yang diharapkan oleh perusahaan. Analisis cost-volume-profit juga dapat membantu perusahaan untuk menentukan break-even-point dimana perusahaan tidak akan mengalami kerugian maupun keuntungan. Selain itu juga dengan bantuan analisis common size dapat dilakukan analisis terhadap laporan laba rugi yang dimiliki oleh perusahaan sehingga dapat mengetahui biaya apa yang harus lebih diperhatikan. Setelah itu dapat juga dilakukan perencanaan keuangan agar Apotek L memiliki target penjualan serta target laba yang dapat menjadi acuan dan diharapkan dapat meningkatkan persentase labanya atau mempertahankan jumlah labanya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2017 marjin laba kotor Apotek L sebesar 29.25% , marjin laba operasi sebesar 10.71% dan marjin laba bersih sebesar 9.71% . Break-even-point Apotek L pada tahun 2017 berada di angka Rp 413,058,215.50 dengan jumlah produk 19,857 unit. Perencanaan laba pada tahun 2018 dengan target penjualan dengan angka Rp 715,647,570 dan jumlah laba bersih sebesar Rp 77,549,972.40 dengan marjin laba bersih 10.84% sehingga diharapkan Apotek L dapat mencapai target laba dan target penjualan yang telah direncanakan. Jumlah minimum laba yang diperlukan oleh Apotek L berdasarkan jumlah penjualan dari perencanaan laba untuk mempertahankan persentase labanya pada tahun 2018 adalah Rp 69,489,379. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject analisis cost-volume-profit en_US
dc.subject break-even-point en_US
dc.subject apotek en_US
dc.title Analisis Cost Volume Profit sebagai alat perencanaan laba Apotek L di Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015120075
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423047803
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account