Abstract:
Pertumbuhan bisnis kedai kopi telah menyebabkan suatu kondisi dimana konsumen diberikan pada berbagai pilihan agar mereka bisa menikmati kopi. Hal ini menjadi tantangan bagi kedai kopi untuk menggambarkan keinginan konsumen untuk mencoba kedai kopi mereka, dan akan sulit untuk menimbulkan niat beli ulang konsumen. Kozilab 3.2 merupakan salah satu kedai kopi di Bandung, mereka tidak hanya menawarkan kopi yang enak tetapi juga atmosfer kedai kopi yang nyaman. Kozilab 3.2 didirikan pada tahun 2017, kedai kopi ini telah menghadapi berbagai masalah yang ada dalam bisnis ini maupun dalam menerapkan perubahan di atmosfer toko.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penilaian konsumen tentang atmosfer toko terhadap niat beli ulang konsumen. Atmosfer toko dalam penelitian ini meliputi exterior, general interior, dan store layout. Niat Beli ulang konsumen diukur berdasarkan dimensi niat eksploratif, niat prefensial, niat refensial dan niat transaksional. Penelitian ini telah dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Metode kuantitatif digunakan untuk mengolah data.
Hasi dari penelitian menunjukan bahwa atmosfer toko memberikan pengaruh positif terhadap niat beli ulang konsumen dimana atmosfer toko memberikan kontribusi sebesar 61.6% terhadap niat beli ulang. Uji parsial juga menunjukan bahwa tiap dimensi atmosfer toko memberikan pengaruh yang signifikan terhadap niat beli ulang.
Dari hasil penelitian, Kozilab 3.2 disarankan untuk mempertahankan beberapa aspek yang sudah baik menurut konsumen, tetapi ada beberapa hal yang perlu di tingkatkan untuk meningkatkan niat beli ulang konsumen.