Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sebarapa signifikan perbandingan antara citra merek dan minat beli jeans merek Mischief dengan Pot Meets Pop. Menurut Aaker dan Biel (2009;71) citra merek meliputi citra pembuat, citra produk, dan citra pemakai. Menurut Sutisna (2001:83) citra merek yang positif dapat memberikan manfaat salah satunya meningkatkan kemungkinan seseorang untuk melakukan pembelian. Minat beli sendiri menurut Lucas dan Britt dalam Natali (2008:87) indikator minat beli yaitu ketertarikan, keinginan, dan keyakinan.
Populasi penelitian ini adalah pria dan wanita di Kota Bandung yang berusia 15-29 tahun dan mengetahui jeans merek Mischief dan Pot Meets Pop baik yang pernah menggunakan maupun belum pernah menggunakan. Sampel penelitian ini sebanyak 100 orang dikumpulkan menggunakan judgement sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan pair sample T-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik citra merek jeans Mischief maupun Pot Meets Pop keduanya baik. Minat konsumen membeli jeans merek Mischief cukup minat konsumen membeli jeans merek Pot Meets Pop tinggi. Citra merek dan minat beli jeans merek Mischief dan Pot Meets Pop berbeda secara signifikan dimana Pot Meets Pop lebih unggul dibandingkan Mischief. Demikian pula pada masing-masing dimensi dari citra merek yaitu citra perusahaan, citra produk, dan citra pemakai jeans merek Mischief dan Pot Meets Pop berbeda secara signifikan dimana Pot Meets Pop lebih unggul dibandingkan Mischief.