Abstract:
Diiringi perkembangan teknologi, perusahaan berusaha untuk terus menciptakan inovasi terhadap produknya guna dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan menjadi perusahaan yang unggul diharapkan perusahaan dapat lebih mudah menarik niat konsumen untuk menggunakan produknya.
Perusahaan Apple sebagai pemimpin pasar dalam bidang teknologi, telah menciptakan jam smartwatch yang dikenal dengan Apple Watch. Berdasarkan preliminary research, didapatkan bahwa brand image dan brand trust dapat mempengaruhi niat beli terhadap Apple Watch, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image dan brand trust terhadap niat beli Apple Watch.
Analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Bandung yang pernah menggunakan produk Apple dan mengetahui Apple Watch. Sampel dalam penelitian ini menggunakan judgemental sampling dengan jumlah sebanyak 100 responden.
Penelitian ini terdiri dari brand image dan brand trust sebagai variabel independen, dan niat beli sebagai variabel dependen. Hipotesis akan diuji menggunakan uji T, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image berpengaruh positif terhadap niat beli, brand trust berpengaruh positif terhadap niat beli, dan brand image serta brand trust secara bersama-sama berpengaruh positif pada niat beli Apple Watch.