Pengaruh user experience terhadap niat beli ulang konsumen : studi komparasi antara fitur Grabfood dan Go-Food

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.advisor Hasyim, Irsanti
dc.contributor.author Maghfira, Ayala
dc.date.accessioned 2019-01-10T04:35:31Z
dc.date.available 2019-01-10T04:35:31Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36382
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7219
dc.description 23283 - FE en_US
dc.description.abstract Pendahuluan - Era digital secara signifikan telah memengaruhi era perekonomian Indonesia. Adanya teknologi juga membuat konsumen semakin terbiasa dengan gaya hidup instan. Hal ini membuat tumbuh suburnya aplikasi mobile shopping. Beberapa pengembang aplikasi telah jeli melihat peluang tersebut dengan menciptakan aplikasi lifestyle yang menawarkan berbagai jasa pemenuhan kebutuhan konsumen. Aplikasi yang saat ini sedang bersaing dengan sengit adalah Grab dan GO-JEK yang menawarkan beragam fitur mulai dari transportasi sampai jasa pemesanan makanan. Dari banyak fitur yang ditawarkan, fitur pemesanan makanan menjadi fitur yang memiliki value yang tinggi bagi perusahaan karena tingginya demand akan pemesanan makanan yang praktis setiap harinya. Di era serba instan ini, konsumen menginginkan aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhannya dengan praktis dan cepat, terlebih user aplikasi di Indonesia sudah tergolong savvy sehingga dapat menilai apakah experience dari suatu aplikasi baik atau buruk. Maka user experience menjadi titik kritis yang menentukan apakah konsumen akan memiliki niat beli ulang atau tidak. Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh user experience terhadap niat beli ulang user fitur GrabFood dan GO-FOOD. Variabel yang digunakan adalah user experience sebagai variabel independen (X) dan niat beli ulang sebagai variabel dependen (Y). Metode Penelitian - Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 150 responden yang sudah pernah menggunakan fitur GrabFood dan GO-FOOD. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing dimensi dari variabel independen yaitu user experience (X) terhadap variabel dependen yaitu niat beli ulang (Y). Temuan - Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari desirability dan usability fitur GrabFood terhadap niat beli ulang. Berdasarkan hasil penelitian, 47,7% variabilitas niat beli ulang konsumen GrabFood dapat dijelaskan oleh dimensi desirability dan dimensi usability. Pada fitur GO-FOOD, niat beli ulang secara positif dan signifikan hanya dipengaruhi oleh desirability. 32,1% variabilitas niat beli ulang konsumen GO-FOOD dapat dijelaskan oleh desirability dari variabel user experience GO-FOOD. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject User experience en_US
dc.subject niat beli ulang en_US
dc.subject e-commerce en_US
dc.title Pengaruh user experience terhadap niat beli ulang konsumen : studi komparasi antara fitur Grabfood dan Go-Food en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014120010
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423068903
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account