Abstract:
Olahraga basket merupakan salah satu olahraga favorit yang memiliki banyak
penggemar, hal ini dibuktikan dengan masuknya olahraga basket sebagai 10
olahraga favorit di Indonesia maupun dunia. Olahraga basket di Indonesia seringkali
mengharumkan nama baik Indonesia dengan prestasinya seperti mendali emas pada
pra event Asian Games, dan juga juara SEABA Pra Kualifikasi Asia Cup 2018.
Dengan prestasi yang cemerlang ini pasti banyak fans yang ingin datang untuk
menonton event olahraga basket dalam rangka memberi dukungan, namun selain
memberikan dukungan masih terdapat alasan lain mengapa mereka menonton event
olahraga basket. Berdasarkan preliminary research terhadap penggemar basket yang
ada di kota bandung mengenai alasan untuk datang ke event olahraga terdapat
beberapa alasan diantaranya menyukai pemain atau tim, diajak oleh teman,melihat
iklan, dst yang dapat dikategorikan sebagai motivator internal, internal constraint,
motivator external, dan external constraint.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari motivator internal, internal
constraint, motivator external, dan external constraint terhadap niat beli ulang
penonton pada event olahraga basket. Variabel bebas (X) yaitu motivator internal,
internal constraint, motivator external, dan external constraint. Sedangkan variabel
terkait (Y) yang digunakan adalah niat beli ulang. Metode yang digunakan pada
penelitian ini adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara, studi literature dan menyebarkan kuisioner ke 100 responden dengan
metode judgement sampling dimana responden merupakan penggemar basket yang
pernah datang lebih dari 3 kali dalam setahun terakhir ke event olahraga basket.
Teknik analisa Data yang digunakan berupa deskriptif dan analisis regresi linerar
berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa motivator internal (X1) dan motivator external
(X3) berpengaruh secara postif terhadap niat beli ulang. Sedangkan internal
constraint (X2) dan external constraint (X4) tidak berpengaruh secara signifikan
terhadap niat beli ulang. Besarnya pengaruh masing-masing variable independen
tersebut terhadap niat beli ulang yaitu motivator internal sebesar 0,373 dan
motivator external sebesar 0,173. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, persepsi
responden terhadap motivator internaldan motivator external penonton dapat
dikatakn sudah baik, sedangkan internal constraint dan external constraint sudah
cukup baik.