Abstract:
Terjadinya perubahan di dunia perekonomian dunia, menyebabkan munculnya perusahaan -
perusahaan dengan sistem Multi Level Marketing (MLM).
Perusahaan MLM berkembang ke seluruh dunia termasuk ke Indonesia. Meskipun
memiliki banyak anggota, akan tetapi tidak semua agent MLM yang dapat mengembangkan
jaringannya hingga mencapai ke posisi top agent.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksploratif yaitu suatu penelitian
di mana tidak banyak yang diketahui dari situasi yang terjadi, atau bahkan tidak ada informasi
dari penelitian lain yang memiliki situasi yang mirip di masa lalu. Data primer untuk penelitian
ini didapatkan dengan wawancara dengan 14 narasumber dan dengan observasi. Data
kemudian dianalisa oleh penulis.
Berdasarkan hasil analisa dari pengolahan data, didapatkan hasil bahwa benar apabila
personal selling dijalankan dengan baik maka agent MLM akan dapat merekrut lebih banyak
orang dan mengembangkan jaringan miliknya.