Pengaruh kepuasan akan dimensi jasa online terhadap loyalitas konsumen Go-Food

Show simple item record

dc.contributor.advisor Adriani, Leokadia Retno
dc.contributor.author Prasetyo, Levi Jeremy
dc.date.accessioned 2019-01-03T06:47:00Z
dc.date.available 2019-01-03T06:47:00Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36401
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7167
dc.description 23302 - FE en_US
dc.description.abstract Belanja online adalah kegiatan populer yang dapat dilihat dari bertumbuhnya industri e-Commerce beberapa tahun belakangan ini. Produk yang dapat dibeli secara online beragam, salah satunya adalah makanan. Salah satu penyedia jasa antar makanan secara online di Indonesia adalah GO-FOOD. Teknologi terus berkembang sehingga mempermudah banyak orang untuk membuat perusahaan pesan antar makanan berbasis aplikasi, oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk menjaga konsumennya loyal agar tidak berpindah kepada kompetitor. Salah satu cara mengukur loyalitas adalah dengan mengukur kepuasan konsumen terhadap layanan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan pada dimensi jasa online terhadap loyalitas konsumen GO-FOOD. Dimensi dari jasa online meliputi informativeness, customer service, convenience dan experiential uniqueness berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Shen, Kelley, Richards dan Bridges (2006). Indikator loyalitas mengacu pada pendapat beberapa ahli dan peneliti seperti Griffin (2007), Lin, Chiu, Huang dan Wu (2017) serta Rai dan Srivastava (2012). Menurut Hizza dan Cheng (2014:469) serta Anderson dan Srinivasan (2003:1) kepuasan mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatori dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner dan observasi. Ukuran sampel penelitian adalah 130 responden dengan teknik judgemental sampling dan kriteria responden yang dibutuhkan adalah konsumen yang pernah menggunakan aplikasi GO-FOOD minimal satu kali dalam waktu tiga bulan terakhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen puas secara keseluruhan terhadap dimensi jasa GO-FOOD. Konsumen puas terhadap informativeness, customer service, convenience dan experiential uniqueness pada GO-FOOD. Konsumen menunjukkan sikap yang loyal secara keseluruhan terhadap GO-FOOD. Kepuasan atas dimensi jasa online memberikan pengaruh sebesar 40,3% terhadap loyalitas konsumen GO-FOOD. Kepuasan atas dimensi informativeness, customer service dan convenience mempunyai pengaruh yang signifikan masingmasing sebesar 0,172, 0,174 dan 0,179, sedangkan dimensi experiential uniqueness tidak mempunyai pengaruh yang signifikan. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject belanja online en_US
dc.subject kepuasan en_US
dc.subject loyalitas en_US
dc.title Pengaruh kepuasan akan dimensi jasa online terhadap loyalitas konsumen Go-Food en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013120228
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0409125801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account