Abstract:
Industri kreatif saat ini di Indonesia terus berkembang, maka perusahaan harus
sigap dalam menghadapi segala perubahan yang terjadi di pasar . Sehingga
mendorong perusahaan untuk selalu mengembangkan kreatifitasnya dari segi
desain atau model produk. Perusahaan diharuskan dapat melakukan pembenahan
dan peningkatan dalam kualitas baik dari produk yang dihasilkan dan bahan baku
yang digunakan, dengan begitu perusahaan dapat meningkatkan kinerja
operasionalnya agar dapat mencapai tujuan perusahaan.
Kualitas Produk merupakan kemampuan suatu produk dalam memenuhi
fungsinya, meliputi daya tahan, keandalan, ketepatan, kemudahan operasi dan
perbaikan serta atribut bernilai lainnya. Terdapat delapan dimensi kualitas produk
yang digunakan untuk mengukur kualitas dari suatu produk yaitu : kinerja
performance, feature, conformance, durability, reliability, serviceability, esthetica,
perceived quality. Sedangkan kinerja operasional adalah kinerja operasional
(operational performance) merupakan pelaksanaan kegiatan-kegiatan manajerial
yang dibawakan dalam pemilihan, perancangan, pembaharuan, pengoperasian dan
pengawasan sistem-sistem produksi. Terdapat empat dimensi untuk kinerja
operasional adalah biaya, kualitas, pengiriman dan fleksibilitas.
Berdasarkan dengan tujuannya penelitian ini termasuk sebagai penelitian
eksplanatori. Berdasarkan dimensi waktunya, penelitian ini termasuk pada
penelitian one-shot. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini
yaitu melakukan wawancara, observasi, penyebaran kuesioner. Sampel yang
digunakan sebanyak 103 buah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
regresi linier karena untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas produk terhadap
kinerja operasional dan menjelaskan besarnya variasi dari variabel kinerja
operasional.
Hasil perhitungan rata-rata kualitas produk industri pakaian muslim di kota
Bandung berdasarkan delapan dimensi adalah 4,29 yang kategori sangat tinggi dan
untuk hasil kinerja operasional 4,21 termasuk kategori sangat tinggi. Ini
menunjukkan jika kualitas produk dan kinerja operasional industri busana muslim di
Bandung telah dimaksimalkan. Variabel kualitas produk memberikan pengaruh yang
signifikan terhadap kinerja operasional sebesar 55,1% dan mampu menjelaskan
variasi dari variabel kinerja operasional sebesar 56,6%.
Berdasarkan hasil analisis dari masing-masing dimensi dari variabel,
diperlukan beberapa perbaikan maupun peningkatan. Diantaranya, perbaikan pada
dimensi conformance, serviceability dan performance yaitu dengan
melakukan pengawasan yang lebih ketat di dalam proses produksi agar produk
cacat dapat diminimalisir, setiap produk yang dihasilkan label yang terdapat di
produk tidak hanya mencantumkan brand produk tersebut tetapi harus dicantumkan
pula cara-cara dalam merawat produk dengan baik yang di sertakan dengan
gambar cara perawatannya, meningkatkan kapasitas produksi produk dengan
berbagai ukuran. Perbaikan pada dimensi biaya dan pengiriman yaitu dengan
menyesuaikan gaji dengan tingkat jabatan karyawan dan meningkatkan kembali
kapasitas produksi dari produk yang diminati pelanggan agar selalu ready stock..