Analisis SWOT dan alternatif strategi Iwan Salon

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tan Lian Soei, Catharina
dc.contributor.author Martanie, Eunice Niken
dc.date.accessioned 2019-01-03T04:41:33Z
dc.date.available 2019-01-03T04:41:33Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36356
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7155
dc.description 23257 - FE en_US
dc.description.abstract Kemenperin telah menempatkan industri kosmetik dan kecantikan untuk menjadi industri andalan yang berperan besar sebagai penggerak utama perekonomian di tahun 2015. Pertumbuhan industri kecantikan ini didorong antara lain oleh kontribusi tiga kategori besar, yaitu tata rias, perawatan rambut, dan perawatan kulit. Perkembangan industri perawatan rambut di Indonesia hingga pertengahan 2017 telah mencapai 117.000 salon dan lebih dari 5.000 barbershop. Iwan Salon (Bandung) adalah sebuah perusahaan bisnis salon yang berfokus pada perawatan rambut. Dalam beberapa tahun terakhir, kinerja finansial dan nonfinansial Iwan Salon mengalami penurunan. Iwan Salon berusaha untuk tetap berada di posisi bertahan dalam menghadapi persaingan sekarang ini. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk menganalisis lingkungan perusahaan Iwan Salon dan mengidentifikasikan alernatif strategi untuk meningkatkan kinerjanya. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian studi kasus deskriptif secara kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, serta studi literatur. Berdasarkan penelitian dan pengamatan yang telah dilakukan penulis terhadap Iwan Salon, maka ditarik beberapa kesimpulan, yaitu: (1) Penulis melakukan diskusi dengan pemilik dan manajer Iwan Salon yang mengidentifikasikan gambaran umum yang dimiliki Iwan Salon sudah cukup baik. (2) Kinerja finansial Iwan Salon secara keseluruhan mengalami penurunan dan kinerja nonfinansial Iwan Salon diperlukan perbaikan. (3) Analisis SWOT mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada di lingkungan sekitar Iwan Salon yang dapat menjadi faktor-faktor alternatif strateginya. (4) Matriks SWOT menghasilkan beberapa strategi alternatif yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan sesuai dengan situasi dan kondisi perusahaan. Penulis juga menyarankan kepada pemilik dan manajer Iwan Salon untuk: (1) Melakukan peninjauan kembali terhadap tujuan dan target yang telah dengan mempertimbangkan faktor internal dan eksternal. (2) Melakukan pelatihan manajemen kepada pemilik dan manajer demi pengelolaan salon yang lebih baik. (3) Melakukan edukasi dan pelatihan terus-menerus guna meningkatkan kualitas. (4) Mengimplementasikan alternatif strategi sesuai prioritas dan kesanggupannya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject analisis lingkungan en_US
dc.subject analisis SWOT en_US
dc.subject kinerja en_US
dc.subject strategi en_US
dc.subject alternatif strategi en_US
dc.subject matriks SWOT en_US
dc.title Analisis SWOT dan alternatif strategi Iwan Salon en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2012120114
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0408026002
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account