Abstract:
Transaksi jual beli hewan anjing lewat media online dalam lima lahun terakhir
menunjukkan peningkatan, Hal tersebut didapatkan dari platform jual beli anjing yang banyak
dilakukan melalui website jual beli, demikian juga forum website yang khusus untuk
memperjualbelikan anjing sampai saat ini sudah tersedia. Menurut survei yang dilakukan oleh
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2017 dari 143,26 juta
pengguna internet di Indonesia 87,13 % penggunanya mengakses layanan konten media
sosial, Facebook dan Instagram menduduki posisi pertama dan kedua sebagai konten media
sosial yang sering dikunjungi. Oleh karena itu banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan media
sosial sebagai alat komunikasi pemasarannya.
Periklanan merupakan salah satu dari alat yang paling umum digunakan perusahaan
untuk mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat. Setiap iklan
harus memiliki pesan dan tujuan yang didefinisikan secara jelas tujuan dari iklan berguna
untuk menentukan efektivitas dari iklan itu sendiri. Dengan adanya iklan tersebut, diharapkan
memunculkan pengambilan keputusan dalam melakukan pembeli produk yang ditawarkan
(Kotler dan Keller, 2009:178).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas iklan media sosial instagram
yang diukur dengan dimensi media sosial dan tahapan Model AIDA. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Teknik penentuan
sampel pada penelitian ini menggunakan judgemental sampling dengan teknik pengumpulan
data berupa kuisioner yang dibagikan kepada 106 responden. Pengujian dalam penelitian ini
menggunakan analisa kategorisasi dari statistik deskriptif dengan teknik presentase untuk
menunjukkan tingkat efektivitas dari setiap dimensi media sosial yaitu context,
communication, collaboration,connectiondan juga efektivitas iklan diukur dengan rumus AIDA
Model.
Hasil analisis efektivitas iklan instagram yang diukur dengan penentuan kategorisasi
diperoleh nilai skor yang berada dalam rentang nilai X > 65,59 dan 50,69 65,59 masuk
dalam kategori cukup baik dengan total frekuensi sebesar 90 dan presentase 84,90 % yang
dapat dikatakan iklan media sosial instagram House of Blessing Kennel dapat dipersepsikan
dalam taraf cukup baik oleh responden.Hasil analisis efektivitas iklan instagram dengan Model
AIDA diperoleh total nilai harapan untuk dimensi attention diperoleh skor 1.282, dimensi
interest memperoleh skor 1.303, dimensi desire memperoleh skor 1.322, dan untuk dimensi
action diperoleh skor 861.Hasil analisis efektivitas iklan instagram dengan Model AIDA pada
followers masing-masing berada pada kategori baik untuk dimensi attention dengan nilai
efektivitas 80,6%, dan kategori istimewa pada dimensi interest, desire, action dengan nilai
efektivitas masing-masing dimensi yaitu dimensi interest sebesar 81,9%,desire sebesar
83,1%,dan action sebesar 81,2%. Dengan demikian iklan instagram House of Blessing Kennel
dapat dikatakan efektif. Sebaiknya House of Blessing Kennel dapat melakukan kerjasama
dengan pihak Instagram untuk memasang iklannya secara periodik, dan iklan tersebut dapat
muncul di semua timeline pengguna instagram sehingga iklan yang diposting dapat
menjangkau seluruh target market House of Blessing Kennel.