Analisa efektivitas iklan House of Blessing Kennel pada instagram dalam menjalankan AIDA Model

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anggawidjaja, Agus Hasan Pura
dc.contributor.author Wibisono, Arthur
dc.date.accessioned 2018-12-04T01:46:36Z
dc.date.available 2018-12-04T01:46:36Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36331
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7121
dc.description 23232 - FE en_US
dc.description.abstract Transaksi jual beli hewan anjing lewat media online dalam lima lahun terakhir menunjukkan peningkatan, Hal tersebut didapatkan dari platform jual beli anjing yang banyak dilakukan melalui website jual beli, demikian juga forum website yang khusus untuk memperjualbelikan anjing sampai saat ini sudah tersedia. Menurut survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2017 dari 143,26 juta pengguna internet di Indonesia 87,13 % penggunanya mengakses layanan konten media sosial, Facebook dan Instagram menduduki posisi pertama dan kedua sebagai konten media sosial yang sering dikunjungi. Oleh karena itu banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan media sosial sebagai alat komunikasi pemasarannya. Periklanan merupakan salah satu dari alat yang paling umum digunakan perusahaan untuk mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat. Setiap iklan harus memiliki pesan dan tujuan yang didefinisikan secara jelas tujuan dari iklan berguna untuk menentukan efektivitas dari iklan itu sendiri. Dengan adanya iklan tersebut, diharapkan memunculkan pengambilan keputusan dalam melakukan pembeli produk yang ditawarkan (Kotler dan Keller, 2009:178). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas iklan media sosial instagram yang diukur dengan dimensi media sosial dan tahapan Model AIDA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan judgemental sampling dengan teknik pengumpulan data berupa kuisioner yang dibagikan kepada 106 responden. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan analisa kategorisasi dari statistik deskriptif dengan teknik presentase untuk menunjukkan tingkat efektivitas dari setiap dimensi media sosial yaitu context, communication, collaboration,connectiondan juga efektivitas iklan diukur dengan rumus AIDA Model. Hasil analisis efektivitas iklan instagram yang diukur dengan penentuan kategorisasi diperoleh nilai skor yang berada dalam rentang nilai X > 65,59 dan 50,69 65,59 masuk dalam kategori cukup baik dengan total frekuensi sebesar 90 dan presentase 84,90 % yang dapat dikatakan iklan media sosial instagram House of Blessing Kennel dapat dipersepsikan dalam taraf cukup baik oleh responden.Hasil analisis efektivitas iklan instagram dengan Model AIDA diperoleh total nilai harapan untuk dimensi attention diperoleh skor 1.282, dimensi interest memperoleh skor 1.303, dimensi desire memperoleh skor 1.322, dan untuk dimensi action diperoleh skor 861.Hasil analisis efektivitas iklan instagram dengan Model AIDA pada followers masing-masing berada pada kategori baik untuk dimensi attention dengan nilai efektivitas 80,6%, dan kategori istimewa pada dimensi interest, desire, action dengan nilai efektivitas masing-masing dimensi yaitu dimensi interest sebesar 81,9%,desire sebesar 83,1%,dan action sebesar 81,2%. Dengan demikian iklan instagram House of Blessing Kennel dapat dikatakan efektif. Sebaiknya House of Blessing Kennel dapat melakukan kerjasama dengan pihak Instagram untuk memasang iklannya secara periodik, dan iklan tersebut dapat muncul di semua timeline pengguna instagram sehingga iklan yang diposting dapat menjangkau seluruh target market House of Blessing Kennel. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Instagram en_US
dc.subject media sosial en_US
dc.subject efektivitas iklan en_US
dc.subject penentuan kategorisasi en_US
dc.subject Model AIDA en_US
dc.title Analisa efektivitas iklan House of Blessing Kennel pada instagram dalam menjalankan AIDA Model en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2011120010
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404115401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account