Abstract:
Fenomena gadget pada saat ini yang di dalamnya pengguna gadget tersebut dapat mengakses apapun dengan mudah dan cepat. Salah satu yang dapat diakses oleh gadget adalah media sosial, yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi dan berbagi. Sebelum membeli produk atau jasa yang diinginkan, konsumen terlebih dahulu mencari informasi dari teman, kerabat atau keluarga tentang pengalaman menggunakan produk media sosial. Pertukaran pendapat menggunakan media elektronik dikenal dengan istilah Electronic Word of Mouth.
Electronic Word of Mouth yang positif akan menimbulkan keinginan bagi pengunjung online shop untuk tertarik membeli karena secara tidak sadar terpengaruh atas rekomendasi yang tersirat di dalam Electronic Word of Mouth tersebut. Pembelian yang konsisten disebut dengan loyalitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Electronic Word of Mouth yang terdiri dari 8 dimensi yaitu, platform assistance, concern for other consumers, positive selfenchacement, social benefits, helping the company, advice seeking dan economic incentives,terhadap loyalitas konsumen di PMP DENIM Bandung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara Electronic Word of Mouth di sosial media terhadap loyalitas konsumen. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori dan metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 150 responden, dan teknik analisis yang digunakan adalah uji determinasi dan uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari deskripsi variable penelitian menunjukkan secara keseluruhan Electronic Word of Mouth pada PMP DENIM Bandung telah dilakukan dengan baik melalui dimensi platform assistance, concern for other consumers, positive self-enchacement, social benefits, helping the company dan advice seeking. Loyalitas konsumen pada PMP DENIM Bandung secara keseluruhan juga sudah termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan kesimpulan dari analisis maka diharapkan PMP DENIM dapat meningkatkan pelayanan respon yang sigap terhadap konsumen yang akan berdampak pada peningkatan loyalitas konsumen.