dc.description.abstract |
Perkembangan pariwisata yang ada di Indonesia berdampak pada industri makanan khas dari setiap daerah. Semakin banyak tempat pariwisata, industri oleh-oleh makanan daerah menjadi peluang bagi pelaku bisnis. Terutama apabila oleh-oleh khas daerah telah dikenal oleh masyarakat luas. Dewasa ini juga pemerintah terus mendukung pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnisnya dan aturan yang dibuat memungkinkan untuk munculnya para pesaing baru dalam industri. Strategi bersaing yang tepat adalah sebagai salah satu kunci untuk dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran dari strategi bersaing yang dilakukan oleh PT. Tama Cokelat Indonesia.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa wawancara dan juga observasi. Wawancara dilakukan dengan pihak PT. Tama Cokelat Indonesia, wawancara ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang telah dijalankan oleh PT. Tama Cokelat Indonesia dan mengetahui segala aspek informasi dan keadaan lingkungan baik internal maupun eksternal perushaan dengan menggunakan analisis PEST, 5 Forces, dan juga analisis SWOT.
Berdasarkan hasil dari penelitian, PT. Tama Cokelat Indonesia menggunakan strategi diferensiasi, perusahaan menggunakan strategi ini dengan mengedepankan produk-produk yang unik dan berbeda dari pesaing sehingga strategi ini sebagai salah satu factor keberhasilan dalam meningkatkan penjualan produk perusahaan. Adapun saran yang diberikan yaitu adalah PT. Tama Cokelat Indonesia dapat terus menjalankan strategi tersebut tapi dengan terus meningkatkan inovasi produk yang kreatif agar dapat terus lebih baik dibandingkan pesaing yang ada. |
en_US |