Abstract:
Saat ini perkembangan teknologi terjadi begitu pesat. Perkembangan teknologi yang dapat dirasakan oleh semua orang adalah internet. Dengan adanya internet seseorang dapat mengakses berbagai hal dengan mudah dan salah satunya adalah media sosial. Media sosial tersebut digunakan bukan hanya untuk kepentingan individual saja namun juga kepentingan kelompok-kelompok lain seperti perusahaan. Salah satu perusahaan yang menggunakan media sosial adalah Starbucks. Starbuck merupakan perusahaan kopi yang berasal dari amerika yang saat ini telah memasuki pasar Indonesia. Perusahaan ini memiliki cara pemasaran yang aktif yaitu dengan menggunakan media sosial salah satunya adalah LINE.
LINE pada awalnya merupakan aplikasi penerima pesan gratis yang berasal dari jepang namun dengan sering waktu berkembang menjadi salah satu media sosial dengan berbagai fitur di dalamnya . Perusahaan Starbucks memiliki Akun Resmi LINE yang memungkinkan perusahaan secara langsung menyebarkan informasi informasi tentang perusahaannya. Informasi tersebut biasanya berupa promosi promosi yang sedang diberikan dan informasi produk produk baru.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi di media sosial Akun Resmi LINE Starbucks terhadap minat beli konsumen di kota bandung.
Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dengan teknik pengumpulan data berdasarkan hasil kuesioner kepada orang orang yang mengikuti Akun Resmi Line Starbucks.Penyebaran kuesioner dilakukan kepada 100 responden dengan kriteria mengikuti Akun Resmi Line Starbucks.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah promosi media sosial Akun Resmi LINE Starbucks memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen di kota bandung dengan kontribusi 40,8% untuk variable yang diteliti. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variable yang menjadi fokus penelitian ini seperti kualitas produk, brand image dan yang lainnya.