Abstract:
Dalam kehidupan modern, Asuransi Jiwa merupakan salah satu hal yang dibutuhkan oleh masyarakat, sebagai sebuah Instrumen Keuangan yang penting dalam kehidupan keluarga. Salah satu perusahaan Asuransi Jiwa yang berkembang dengan pesat di Indonesia, adalah Prudential Indonesia, yang dikelola oleh PT Prudential Life Assurance. Penelitian ini difokuskan pada ROCK Agency Bandung merupakan salah satu kantor cabang PT. Prudential Life Assurance.
Ketepatan dalam memahami konsumen dapat membantu agen Prudential Indonesia dalam menawarkan produk asuransi yang sesuai dan dapat menentukan dengan baik bagaimana menyampaikan produk asuransi ke nasabah. Untuk itu, peneliti bermaksud melakukan penelitian mengenai sistem CRM yang dilakukan, dengan menggunakan analisis MIT 90’s.
Berdasarkan hasil penelitian, proses bisnis yang dilakukan di dalam lingkungan Prudential oleh ROCK Agency sebagai kantor pemasaran Asuransi Jiwa adalah proses Sales Cycle, yang terdiri dari kegiatan Prospecting, Approach, Fact finding & Create the need, Presenting solution, Handling objection, Closing the sale, Policy delivery & referral leads, dan After sales service. Dalam penelitan ini, peneliti bermaksud untuk memberikan usulan mengenai penerapan system CRM untuk meningkatkan jumlah pembelian ulang, cross selling, dan follow uyang dilakukan oleh Agen dan leader melalui desain website yang baru. Selain itu, nasabah dan agen menilai website yang baru, telah dinilai oleh agen dan nasabah sebagai website yang memiliki desain yang lebih mudah digunakan, lebih praktis, dan lebih informatif dibandingkam website yang lama.
Peneliti menyarankan agar para agen secara aktif memberikan sosialisasi dan ajakan kepada nasabah untuk melakukan kegiatan pengisian form pengkinian data sehingga data – data akan selalu terupdate. Selain itu, penulis menyarankan kepada pihak leader untuk dapat melakukan pengawasan kepada para agen, sehingga proses pengkinian data berjalan dengan lancar.