Abstract:
Industri kuliner gelato sedang marak diminati oleh masyarakat khususnya di Kota Bandung sehingga menciptakan persaingan yang ketat untuk tetap mempertahankan ataupun meningkatkan market sharenya. Let’s Go Gelato adalah salah satunya dan telah berhasil diterima oleh konsumen di Kota Bandung melalui strategi diferensiasi yang diciptakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui diferensiasi yang dimiliki perusahaan serta mengetahui langkah strategis yang sebaiknya digunakan perusahaan untuk ke depannya agar tetap dapat bersaing di pasarnya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Data atas objek penelitian diteliti melalui wawancara semistruktur, studi dokumentasi dan observasi. Data kemudian dianalisis menggunakan Matriks SWOT, Matrik Evaluasi Faktor Internal (EFE), Matriks Evaluasi Faktor Internal (IFE), dan Matriks Internal-Eksternal (IE).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Let’s Go Gelato memiliki diferensiasi pada produk dan citra. Hal ini diiringi dengan analisis berdasarkan konten, konteks dan infrastrukturnya. Selain itu, diketahui pula bahwa kegiatan rantai nilai yang dimiliki oleh perusahaan mendorong terjadinya diferensiasi tersebut. Namun, dibutuhkan juga langkah strategis lainnya agar perusahaan tetap dapat bersaing dan unggul dalam persaingan industrinya di Kota Bandung.
Berdasarkan pada hasil perhitungan Matriks Internal – Eksternal, perusahaan berada di posisi kuadran II yaitu grow and build. Merujuk pada hasil matriks ini, perusahaan disarankan untuk menggunakan strategi pengembangan produk sebagai strategi alternatifnya dan mengkobinasikannya dengan strategi diferensiasi yang telah dijalani. Perusahaan diharapkan dapat mempertimbangkan penerapan strategi alternatif ini sehingga dapat memperkuat posisi perusahaan dalam persaingan yang dijalani.